HETANEWS

Gempa M 7,2 Pulau Bacan Sebabkan Kerusakan Bangunan

Foto: Bangunan Polsek Labuha, (Sumber:Doc BNPB)

Halmahera Selatan, hetanews.com - Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 7,2 mengguncang Pulau Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara mengakibatkan kerusakan bangunan. Terlihat permukaan tanah mengalami retak.

Kepala Bidang Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rita Rosita menjelaskan bahwa gempa ini menimbulkan kerusakan. Data terbaru, ada bangunan yang alami kerusakan akibat gempa.

"Gempa timbulkan kerusakan. Sampai saat ini, data masih terus dihimpun dari lapangan. Salah satu yang rusak adalah rumah dinas Polsek Labuha, Halmahera selatan," kata Rita kepada wartawan, Minggu (14/7/2019).

Rita Rosita memberi kabar, rumah dinas Polsek Labuna di Pulau Bacan mengalami kerusakan. Terlihat tembok roboh dan tanah retak.

Kendati demikian, BNPB masih terus menghimpun informasi terkait kerusakan akibat gempa. Namun, dugaan awal gempa belum sebabkan korban jiwa, karena masyarakat tidak ada di sekitar titik gempa.

"Saat ini masih terus di-update ulang. Dugaan awal, belum ada korban jiwa, karena titik tersebut tidak didiami oleh masyarakat," ungkap Rita.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah Halmahera Selatan Heli Surya Botutihe menginformasikan kerusakan juga terjadi di pulau lain di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Namun demikian, akses ke pulau itu masih terkendala.

"Dilaporkan ada rumah yang rusak di Kecamatan Gane, Pulau Halmahera bagian selatan namun kami masih mencoba untuk mencapai daerah tersebut karena kendala akses jalan dan jaringan komunikasi," kata Helmi.

sumber: detik.com

Editor: gun.