HETANEWS

Pemkab Asahan dan BBPSDMP Kominfo Medan Adakan Pelatihan SKKNI

Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar S.Sos M.Si saat membacakan sambutan pada pelatihan SKKNI di Aula Hotel Sabtu, Jalan Diponegoro Kisaran, Kamis, (11/7/2019).

Asahan, hetanews.com - Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, diwakili Kadis Kominfo, H Rahmat Hidayat Siregar S.Sos M.Si, membuka acara pelatihan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), di Aula Hotel Sabty, Jalan Diponegoro Kisaran, Kamis (11/7/2019), lalu.

Pelatihan yang digelar mulai tanggal 9 - 13 Juli 2019 tersebut, kerja sama antara Pemkab Asahan, dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan dan diikuti 60 peserta, yang berasal dari Kabupaten Asahan, Batubara, Paluta, Kota Medan dan Tanjungbalai.

Abdul Rahman Harahap S.Sos M.Si, mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang komunikasi untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, di dunia industri komunikasi.

"Manfaat bagi peserta mendapatkan keahlian dibidangnya akan diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi, “ujarnya.

Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar saat membacakan sambutan Plt Bupati Asahan mengatakan, kegiatan tersebut memberikan kontribusi besar dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya bagi calon tenaga kerja.

"Pelatihan ini ditujukan bagi lulusan SMK, D1, D2, D3, jurusan komputer, multi media, WEB programming, desain grafis, praktical office dan technical support, sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 5 tahun 2012 tentang sistem standarisasi kompetisi kerja nasional Indonesia (SKKNI),"ungkap Rahmat.

Dirinya juga berharap setiap angkatan kerja dituntut mampu bekerja secara profesional yang dibarengi dengan upaya-upaya perubahan dan perbaikan diberbagai tatanan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Para peserta diharapkan berorientasi kepada peningkatan kinerja yang ditopang kualitas sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi,"harapnya.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dengan harapan dapat lulus dan memperoleh sertifikat SKKNI, serta harus terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia.

"Kedepan Asahan akan mengalami kemajuan sejalan dengan visi dan misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri. Kita tidak mau warga Asahan menjadi penonton, harus menjadi pelaku,"pungkasnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.