HETANEWS.COM

Diduga Ada Dalang Dibalik Pungli Intensif Pegawai BKPD

Asisten I Pemko Siantar, Leonardo Simanjuntak, saat diwawancarai sejumlah awak media, di Kantor BPKD Kota Pematangsiantar, Jumat (12/7/2019).

Siantar, hetanews.com- Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Unit 4 Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut ke kantor BPKD Pematangsiantar, atas adanya dugaan korupsi maupun pungli pemotongan pemberian uang intensif pegawai sebesar 15 persen.

Diduga, oknum pejabat BPKD mendalangi perbuatan ini, dengan memungut uang intensif yang diterima para pegawai BPKD dari hasil pemungutan pajak, pada triwulan ke-2 tahun 2019.

Dugaan tersebut dikuatkan dengan adanya barang bukti yang diamankan personil Tipikor Polda Sumut dari hasil OTT, sebesar Rp.186 Juta. Tidak itu saja, sebanyak 19 pegawai BPKD diamankan. 3 diantaranya, diduga kuat sebagai tersangka dan 16 orang diperiksa sebagai saksi.

Asisten I Pemko Siantar, Leonardo Simanjuntak, mengatakan, intensif pegawai di OPD sering diberlakukan.

"Kalau sepengetahuan kita, kalau intensif itu kan ada diperbolehkan. Cuman, masalahnya itu, ada katanya pemotongan. Kalau itu di internal mereka lah, untuk itu kita gak tau," pungkas Leonardo, Jumat (12/7/2019).

Kantor BPKD Kota Pematangsiantar, di Jalan Merdeka. (foto/gee)

Disinggung, apakah Wali Kota, Hefriansyah, mengetahui adanya pungutan intensif pegawai di BPKD tersebut? Sejauh ini, kata Simanjuntak, dirinya tidak mengetahui hal tersebut.

"Kalau itu gak bisa jawablah, itu ranah Pak Wali," ungkapnya.

Terkait adanya peristiwa tersebut, kata dia, pihaknya masih mengumpulkan nama - nama yang diamankan saat OTT, Kamis malam (11/7/2019), lalu.

Baca juga: Zainal: Belum Ada Instruksi Khusus Walikota Soal Status Mereka

"Kalau berapa jumlahnya kita masih mencari informasinya," katanya, seraya mengatakan, daftar pegawai PNS non PNS yang dibawa belum diketahui.

Beberapa ruangan di kantor BPKD Pematangsiantar masih disegel. Termasuk ruangan Kepala BPKD, Adiyaksa Purba. Sejauh ini, belum diketahui sampai kapan segel tersebut akan dibuka.

Informasi yang dihimpun, OTT Unit 4 Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut ini, berdasarkan laporan informasi No: R/246/VII/2019, tertanggal 10 Juli 2019. Kemudian, SP. Lidik No: 422/VII/2019 Surat Perintah Tugas No: 575/VII/2019.

Dari hasil OTT yang dilakukan oleh personil kepolisian selama lebih dari 5 jam, diamankan 3 orang. Diantaranya, TL selaku tenaga harian lepas, LN selaku staff bidang pendapatan II, dan EZ selaku bendahara pengeluaran BPKD.

Penulis: huget. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan