HETANEWS

Rambah Digital dan Pasar Ekspor, UMKM Binaan BI Raup Nilai Transaksi Rp 32 Miliar

Pameran UMKM

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) membuka Pameran Kain dan Kerajinan Karya UMKM Bank Indonesia (BI) yakni Karya Kreatif Indonesia (KKI) diJakarta Convention Centre. Adapun KKI 2019 ini mengusung tema 'Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital'.

Presiden Jokowi hadir didampingi oleh Iriana Joko Widodo. Hadir pula dalam acara Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

"Karya Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Bank Indonesia saya nyatakan resmi dibuka," tutur Presiden Jokowi di JCC, Jakarta, Jumat (12/7).

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, selain unggul di pasar domestik, para UMKM juga dikenalkan untuk pasar ekspor dan disalurkan melalui platform jual beli daring atau e-commerce.

"UMKM kita sudah go digital juga. Sudah kami sambungkan platform-platform e-commerce. Ada lebih 355 UMKM dan terakhir nilainya sudah lebih Rp 32 miliar yang disambungkan ke go digital. Jadi UMKM kita bisa go ekspor dan go digital. Perlu kita buat apresiasi kepada mereka," terangnya.

Dia menceritakan, selain pembinaan UMKM, pihaknya juga melakukan business matching UMKM dengan memberikan akses pembiayaan melalui perbankan untuk mengembangkan bisnis mereka. Dalam 1 tahun terakhir, pembiayaan perbankan ke UMKM binaan BI mencapai Rp 1,4 triliun.

"Kita punya 898 binaan umkm dari 46 kantor-kantor di BI. Dari 898 itu sudah 173 dikasih pembiayaan dari perbankan. Itu Rp 1,4 triliun selama 1 tahun terakhir. Terima kasih kawan-kawan perbankan baik himbara dan swasta," ujarnya.

Adapun KKI 2019 ini berlangsung 3 hari lamanya dimulai dari hari ini dengan menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri.

sumebr: suara.com

Editor: sella.