HETANEWS

Pengembalian Kerugian Keuangan Daerah TA 2018

Ilustrasi temuan BPK. (Int)

Siantar, hetanews.com - Plt Kepala Inspektorat Kota Pematangsiantar, Eka Hendra menyampaikan, pengembalian anggaran dari hasil temuan BPK RI terhadap pengelolaan anggaran Pemko TA 2018 oleh OPD terkait, sudah dilakukan.

Dijelaskannya, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah selesai melakukan pengembelain dari kerugian keuangan daerah tersebut. Sebagian diantaranya masih dilakukan penyicilan atau angsur.

"Tidak semua, tapi sudah ada yang mengembalikan. Ada juga sifatnya yang masih dianggsur mereka," kata Hendra, Kamis (11/7/2019).

Kata dia, yang telah mengembalikan keuangan tersebut diantaranya, sekretariat dewan. Namun yang belum melunasi secara keseluruhan adalah Dinas PUPR.

"Kalau di PUPR belum semua, ada dianggsur, ada yang sudah dibayar. Kalau yang lain sudah hampir semuanya," tambahnya.

Disinggung mengenai batas waktu pengembalian tersebut, Eka mengatakan, bahwa saat ini pihaknya masih tetap berkordinasi sesuai dengan prosedur yang ada.

"Pokoknya kita tetap berkoridinasi untuk itu terus. Secara administrasi, kalau tidak ada etikad baik untuk membayar mungkin akan sampai ke aparat penegak hukum," jelasnya.

Dari hasil Laporan BPK RI perwakilan Sumut, terhadap keuangan Pemerintah Kota Pematangsiantar, pada Tahun 2018, banyak ditemukan adanya ketidaksesuaian pengelolaan anggaran. Melihat itu, beberapa LSM melaporkan persoalan itu ke Kejari Pematangsiantar.

Penulis: gee. Editor: gun.