Samosir, hetanews.com - Pelantikan 50 anggota Badan Permusyaratan Desa (BPD), di ruang aula kantor Camat Nainggolan, berlangsung hikmat dan kondusif, Rabu  (10/7/2019) sore, sekitar pukul 17.30 WIB.

Pelantikan anggota BPD se Kecamatan Nainggolan ini, dihadiri  Kapolsek Nainggolan (diwakili) , Danramil (diwakili), Sekcam dan tokoh agama.

Anggota BPD yang dilantik, 40 laki - laki dan 10 orang perempuan.

Camat  Palipi, Drs Darwin Parhusip, usai melantik anggota BPD tersebuyt, menyampaikan pengarahan atas nama Bupati Samosir.

Dipesankan agar anggota BPD berkewajiban memberikan laporan kinerja dalam  pembinaan yang akan dilanjutkan kedepan.

Anggota BPD juga dilarang korupsi, nopetisme, menerima barang maupun jasa, menyalai wewenang, merangkap sebagai kepala desa atau perangkat desa, pengurus parpol ataupun organisasi  terlarang dan pelaksana proyek di desa.

Seluruh anggota BPD mengucapkan sumpah jabatannya yang disaksikan tokoh agama. (foto/stm)

Dan anggota BPD juga diwajibkan memahi sumpah jabatan yang baru dilantik,  awasi prinsip kerja desa dan bersikap adil dan bijaksana, kata Camat.

Lanjutnya, kedepan  juga akan dilakukan pemilihan kepala desa, pada Okteber 2019 mendatang, sehungga anggota BPD yang diharapkan ikut menetralisir isu yang berkembang di tengah tatanan masyarakat yang beradat.

Usai pelantikan ini, kami dari pemeritah Samosir mengharapkan agar secepatnya menyusun tata tertib BPD dalam tempo 3 hari kedepan. Supaya bisa cepat menjalankan tugas, katanya.

Masih kata Camat, pemerintah pusat juga sudah memberikan perhatiannya,  demi mensejahterakan warga desa, di setiap masing - masing kabupaten, sampai tingkat dusun, demi misi kabupaten Samosir.

Usai acara pengambilan sumpah janji jabatan yang dilakukan pada sore hari, Hetanews.com mencoba wawancarai Camat Nainggolan, Barisan Parluhutan Simanullang, seperti apa proses terlaksananya acar tersebut, dia mengaku sangat berbahagia, dimana prosesi acara sumpah janji jabatan berjalan dengan baik.