HETANEWS

Nenek 75 Tahun Debut di Seoul Fashion Week, Jadi Model Tertua Korea Selatan

Choi Soon-Hwa jadi model tertua di Korea Selatan. (foto/AFP)

Seoul, hetanews.com - Banyak orang ingin menjadi model karena profesi ini sangat menarik dan menguntungkan. Profesi model tidak hanya dilirik dari kalangan usia muda saja, di Korea Selatan ada wanita yang sudah berusia 75 tahun yang baru memulai kariernya di dunia modeling.

Dunia modeling tidak hanya milik wanita muda bertubuh ramping. Jika punya tekad kuat, seorang nenek pun bisa berlenggak-lenggok di catwalk. Adalah nenek bernama Choi Soon-Hwa yang berusia 75 tahun, menjadi model profesional tertua di Korea Selatan. Di usia senja wanita ini baru memulai kariernya sebagai model dan debut di ajang Seoul Fashion Week.

Nenek 75 Tahun Debut di Seoul Fashion Week, Jadi Model Tertua Korea Selatan
Foto: AFP

Sebelum terjun ke dunia modeling, Choi pernah bekerja sebagai perawat dan operator rumah sakit dengan waktu kerja 20 jam setiap hari. Pekerjaannya itu ia lakoni hingga berusia 70 tahun. 

Ibu dua anak ini pun menceritakan pengalamannya saat menjadi perawat, sebelum kini berprofesi sebagai model. "Waktu itu, untuk makan siang saja aku tidak bisa. Rasa stres itu sangat menyiksaku. Seolah-olah seperti gunung berapi yang akan meletus dalam diriku. Belum lagi saya memiliki banyak utang, jadi hidup saya untuk bekerja demi melunasi utang," kata dia.

Kemudian suatu hari, secara tidak sengaja ia melihat iklan televisi yang menampilkan seorang model lanjut usia. Choi pun mulai berpikir untuk membuat perubahan besar dalam hidupnya.

Di usia yang sudah tidak muda lagi, Choi memutuskan mendaftarkan diri di agensi The Show Project. Secara kebetulan, agensi tersebut memang sedang mencari model dengan usia di atas 60 tahun.

Kemudian untuk pertamakalinya Choi berjalan di catwalk membawakan busana rancangan Kim Hee-Jin, yang mengajaknya tampil di Seoul Fashion Week 2018 lalu. "Ada sesuatu sangat unik yang ada dalam diri Nenek Choi. Dia memiliki kualitas yang berbeda dari orang seusianya," puji Kim. 

sumber: detik.com

Editor: sella.