HETANEWS

USU Buka Program Jalur Mandiri, Ini Cara dan Persyaratan Mendaftar

USU Buka Program Jalur Mandiri, Ini Cara dan Persyaratan Mendaftar . Universitas Sumatera Utara (USU).(Foto/Tribun Medan)

Medan, hetanews.com - Universitas Sumatra Utara(USU) membuka program jalur Mandiri yang pendaftaran onlinenya sudah dibuka sejak 11 Juni 2019.Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti, mengatakan, bagi yang belum lulus di SBMPTN bisa mendaftarkan melalui jalur Program Mandiri USU yang pendaftaran onlinenya sudah dibuka sejak 11 Juni 2019 hingga 17 Juli 2019 melalui lamanhttps://penerimaan.usu. ac.id.

“Pendaftaran Program Mandiri yaitu dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500ribu melalui Bank BNI,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ujian tulis mandiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada 20 Juli 2019, dengan lokasi ujian berada di lingkungan Kampus USU Medan. 

“Hasil dari ujian Mandiri ini akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang yang bisa dilihat melalui lamanhttps://penerimaan.usu. ac.id,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, USU juga membuka peluang bagi masyarakat di Sumut yang tetap berminat untuk kuliah di USU, jika tidak lulus melalui jalur SBMPTN dan Mandiri, dapat mencoba pada seleksi Program Diploma (D III) USU. 

“Pendaftaran untuk program Diploma ini dibuka pada tanggal 8 hingga 31 Juli 2019. Ujian tulisnya akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 10 Agustus 2019 yang bisa dilihat melalui laman http://spmpd.usu.ac.id,” ungkapnya.

SU Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Khusus Program Studi (Prodi) Program Profesi Insinyur (PSPPI)

Program Studi (Prodi) Program Profesi Insinyur (PSPPI) USU Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau, membuka penerimaan mahasiswa baru PSPPI Angkatan III Semester A, Tahun Akademik 2019/2020.

Sekretaris Program Studi Program Profesi Insinyur Dr Ir Renita Manurung, MT, mengatakan, peminat Prodi PSPPI USU wajib memenuhi persyaratan berlatar belakang Sarjana Teknik (ST), dan Sarjana Teknik Terapan (STTr), dari program studi yang minimal berakreditasi B.

“Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Selain itu juga harus memiliki pengalaman kerja di bidang keinsinyuran minimal 6 tahun dan pernah terlibat menangani minimum 6 proyek. Peminat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1,5 juta,” ujarnya, Selasa (9/7/2019).

Ia menjelaskan, Sarjana Teknik yang dimaksudkan adalah yang berasal dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Arsitektur dan Teknik Lingkungan.

“Sedangkan keinsinyuran yang ada dalam persyaratan di atas mencakup bidang pendidikan dan pelatihan teknik atau teknologi, penelitian, pengembangan, pengkajian dan komersialisasi, konsultansi, rancang bangun dan konstruksi, teknik dan manajemen industri, manufaktur, pengolahan dan proses produk, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral; pembangunan, pembentukan, pengoperasian dan pemeliharaan aset,” jelasnya.

Ia menerangkan, pendaftaran online dapat dilakukan melalui laman ppi.usu.ac.id. Sementara pendaftaran offline dilakukan pada sekretariat PSPPI Gedung Fakultas Teknik USU lantai II, Jalan Almamater, Kampus USU, Medan.

“Para peminat harus mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen-dokumen persyaratan yaitu fotokopi Ijazah S1 yang dilegalisir, fotokopi transkrip nilai S1 yang dilegalisir, bukti atau Surat Keterangan sedang bekerja dari instansi atau perusahaan atau lembaga, fotokopi KTP yang masih berlaku dengan menunjukkan aslinya, Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter atau Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara,” terangnya.

Ia menuturkan, dilengkapi pula dengan pasfoto warna terbaru ukuran 4 x 6, bukti pelunasan biaya pendaftaran program, fotokopi sertifikat akreditasi prodi asal, Curriculum Vitae, surat pernyataan kesediaan mengikuti Program Profesi Insinyur, surat pernyataan keabsahan dokumen dan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit USU dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi penerimaan.

“Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Profesi Insinyur akan diumumkan selanjutnya melalui Web PS-PPI USU di ppi.usu.ac.id, dan di papan pengumuman PSPPI USU di Fakultas Teknik USU Jl. Almamater, Kampus USU, Medan-20155,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, jadwal kegiatan dan pelaksanaan Program Profesi Insinyur Universitas Sumatera Utara (USU) Periode II, yakni pendaftaran calon peserta secara offline yang dilakukan pada 1 Juli sampai 30 Agustus 2019, pengumuman hasil seleksi pada 10 September 2019 dan pendaftaran ulang di tanggal 11 hingga 18 September 2019.

“Biaya pelaksanaan pendidikan Program Studi PSPPI USUmeliputi biaya registrasi atau pendaftaran sebesar Rp 1,5 juta , biaya program sebesar Rp 5 juta per semester dibayarkan setelah pendaftar dinyatakan lulus seleksi penerimaan dan dana kelengkapan akademik Rp 1,4 juta dibayarkan setelah pendaftar dinyatakan lulus seleksi penerimaan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, biaya registrasi atau pendaftaran tersebut disetor ke Nomor Rekening 01 4069 2273 BNI Cabang USU Medan atas nama Penerimaan Non Akademik.

“Program Studi PSPPI USU sebagai lingkup dari amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014, merupakan upaya pemerintah mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi dalam waktu yang mendesak,” jelasnya.

Sumber: Tribunnews.com

Editor: tom.