HETANEWS

Pabrik Pakan Ternak Japfa Senilai Rp600 Miliar di Sumut Beroperasi

Deli Serdang, hetanews.com - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk resmi mengoperasikan pabrik pakan ternak di Deli Serdang, Sumatra Utara. Perluasan pabrik dengan nilai investasi Rp600 miliar itu akan dijalankan lewat anak usaha, PT Indojaya Agrinusa.

Vice President Indojaya, Anwar Tandiono mengatakan, pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 12 hektare itu akan memenuhi kebutuhan pakan ternak di Aceh, Sumut, Riau, dan Kepulauan Riau. Dia mengklaim pabrik tersebut memproduksi pakan ternak berstandar internasional.

"Melalui perluasan pabrik di area kawasan industri modern ini, mencerminkan komitmen yang kuat untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia," kata Anwar dikutip Rabu (10/7/2019).

Head of Feed Operation Japfa Unit Medan & Padang tersebut mengatakan, perluasan pabrik ini, membuat total kapasitas pabrik di Tanjung Morawa ini mencapai 20 ribu ton per bulan. Namun, kapasitas maksimal produksi pabrik ini bisa digenjot hingga 40 ribu ton per bulan.

Anwar mengatakan, diversifikasi pakan ternak di pabrik ini akan semakin lengkap ke depannya. Pasalnya, Indojaya saat ini tengah membangun pabrik pakan ikan dan udang dengan kapasitas pakan ikan apung 9.500 ton, pakan ikan tenggelam 2.000 ton, dan pakan udang 700 ton.

Wakil Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar mengapresiasi ekspansi bisnis yang dilakukan Japfa di Sumut. Dia yakin pabrik ini bakal membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar perusahaan.

"Serta menambah pendapatan asli daerah yang nantinya muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Pabrik ini dikabarkan menyerap sekitar 80 persen tenaga kerja lokal.

Japfa merupakan perusahaan agribisnis yang memiliki beragam bisnis seperti produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan, penggemukan, dan pemerahan sapi, budidaya perikanan, vaksin hewan, hingga olahan daging ayam dan sapi.

sumber: inews.id

Editor: sella.