HETANEWS

Tindakan Kapolres Pungut Sampah di Pasar Horas Diapresiasi, Ketua Forpera: Ini Merupakan Sejarah

Samsudin Harahap, Ketua Forum Peduli Rakyat (Forpera) Kota Pematangsiantar, Selasa (9/7/2019). (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-73, Polres Pematangsiantar, melaksanakan bakti sosial, peduli dengan kebersihan, Selasa (9/7/2019).

Kegiatan bakti sosial tersebut, dilakukan dengan memungut sampah di lingkungan Pasar Horas, yang berada di inti Kota Pematangsiantar. Selain pihak Kepolisian yang turun langsung, instansi lainnya, seperti TNI turut serta melakukan pembersihan.

Tindakan Kapolres Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu, yang langsung membersihkan sampah di Pasar Horas, mendapat apresiasi dari masyarakat. Salah satunya dari Ketua Forum Peduli Rakyat (Forpera) Kota Pematangsiantar.

Dikatakan Samsudin Harahap, yang juga pemerhati lingkungan dan pembangunan di Kota Siantar, bahwa kegiatan yang dilakukan AKBP Heribertus adalah sebuah kegiatan yang sangat baik dilakukan oleh pihak Polres Siantar.

"Kegiatan ini, perlu dicontoh serta diikuti oleh instansi-instansi lainnya. Tujuannya kegiatan ini bukan menjdi petugas kebersihan, tapi yang utama adalah untuk menggugah hati semua pihak, agar selalu bisa menjaga kebersihan lingkungannya," ujar Samsudin yang ditemui wartawan, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: Kapolres Sebut Pasar Bukan TPA Jadi Harus Bersih

Selain itu juga, pria yang acap disapa Bang Udin ini, kembali mengatakan, ini adalah sebuah sejarah di kota Pematangsiantar, dimana seorang Kapolres melakukan terobosan baru, dengan memimpin dan mengkoordinir beberapa instansi untuk melakukan gotong royong kebersihan.

"Ini sangat patut di contoh. Di Kota Siantar, Kapolresnya mampu mengkoordini beberapa instansi melakukan gotong royong kebersihan," ujarnya.

Samsudin berpendapat, kemungkinan Kapolres, AKBP Heribertus Ompusunggu sudah gerah melihat kotor dan kumuhnya Pasar Horas.

"Kegiatan ini, selain menjadi contoh positif bagi instansi lainnya, juga merupakan 'cambuk keras' kepada pemerintah kota, selaku penangung jawab utama soal kebersihan di kota Siantar," ungkapnya.

Lanjut Samsudin, jika Pemerintah Kota Pematangsiantar selalu aktif melakukan sosialisasi kebersihan lingkungan kepada masyarakat, serta memfungsikan pegawai dan alat kebersihannya secara maksimal, di semua lini, maka pihak Polres Siantar tidak perlu melakukan gotong royong kebersihan di Pasar Horas.

Penulis: hza. Editor: gun.