HETANEWS

Calon Jamaah Haji di Mukomuko Meninggal Dunia sebelum Berangkat

Jamaah haji menunggu proses pemberangkatan di bandara. (ist)

Bengkulu, hetanews.com - Seorang jamaah calon haji asal Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, batal berangkat ke tanah suci lantaran meninggal dunia. Almarhum masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 11 atas nama Wito Sumarto (80).

"Calon jamaah haji ini meninggal dunia pekan lalu pada hari Senin (1/7/2019) di rumahnya. Dia masuk dalam kuota haji lama," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, Ali Muda, kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Menurut dia, jamaah calon haji ini meninggal menjelang keberangkatan. Sesuai aturannya tidak boleh lagi adanya pergantian. Saat ini jumlah yang berangkat ke tanah suci menjadi 204 orang.

Dia menyebutkan, kuota haji asal Mukomuko awalnya sebanyak 178 orang, kemudian ada penambahan sebanyak 33 orang. Namun hanya 27 orang di antaranya yang mampu melunasi biaya perjalanan haji.

"Sebanyak 204 orang jamaah calon haji ini menuju ke asrama haji di Kota Bengkulu tanggal 14 Juli 2019 setelah shalat Isya atau sekira pukul 08.00 WIB," ujar dia.

Selanjutnya diterbangkan dari Bandara Fatmawati menuju Bandara Internasional Minangkabau Padang pada tanggal 15 Juli 2019.

sumber: inews.id

Editor: sella.