Siantar, hetanews.com - Sebanyak 21 komunitas dari Siantar – Simalungun, menggelar aksi penggalangan dana kepada korban kebakaran rumah, yang terjadi di Kota Pematangsiantar, Senin (8/7/2019) sore.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di dua tempat, pada hari Sabtu (6/7/2019) itu, menghanguskan belasan unit rumah penduduk yang ada di Jalan Mangga dan Jalan Kotanopan Pematangsiantar.

Melihat korban kebakaran yang sudah tidak memiliki tempat tinggal, ke-21 komunitas yang menamakan diri SISIAR (Siantar Simalungun Satu Rasa), melakukan aksi penggalangan dana.

Aksi penggalangan dana ini, dilakukan di dua tempat, yakni, di Jalan Merdeka, lokasinya di depan tugu Becak Siantar dan tempat lainnya, di lokasi traffic light (lampu merah,red), di Jalan Ahmad Yani Kota Pematangsiantar.

"Aksi penggalangan dana ini baru dilakukan hari ini. Rencananya digelar selama seminggu berturut-turut,"kata Mayang Purba (21).

Mayang, merupakan salah seorang penggiat komunitas tari dari SIHODA. Dalam aksi ini, mereka turut berpartisipasi menampilkan tari-tarian untuk menghibur para pengunjung.

"Aksi penggalangan dana ini juga didukung oleh Badan Amal dan Zakat Kota Siantar. Nanti kalau berapa pun dananya terkumpul, kami serahkan semua ke korban kebakaran rumah," ucapnya.

Selain sumbangan berupa uang yang diterima dari para pengguna jalan, aksi penggalangan dana yang dilakukan relawan SISIAR ini juga menerima sumbangan, berupa sembako dan pakaian.

Diberitakan sebelumnya, kebakakaran terjadi di dua tempat berbeda. Pertama di lokasi di Jalan Kotanopan, Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Sabtu sore, sekitar pukul 15.40 WIB.

Kemudian pada Sabtu malam, kebakaran kembali terjadi Jalan Mangga, Gang Jeruk, Kurahan Parhorasan Nauli, Kecamatan Siantar Marihat.

Sebelumnya, kebakaran juga menimpa usaha hiburan Talenta Cafe, yang berlokasi di Jalan Siantar-Seribu Dolok, Jumat (5/7/2019) sekira pukul 06.00 WIB.