HETANEWS

Tanggapi Pernyataan Gubsu, Dinas Pariwisata Siantar Bilang Begini

Arum jeram di kawasan sungai Bah Bolon Pematangsiantar, pada akhir Maret 2019 yang lalu. (dok: Lazuardy Fahmi/facebook).

Siantar, hetanews.com - Dinas Pariwisata, melalui Kepala Bidang Pariwisata, Robert Irianto mengatakan, Kota Pematangsiantar keterbatasan objek wisata alam. Untuk saat ini, pihaknya berupaya mengelola objek wisata buatan.

"Memang kita akui, Kota Pematangsiantar punya keterbatasan objek wisatawa alam. Yang ada cuma Sungai Bah Bolon," kata Irianto saat ditemui di kantornya, Senin (8/7/2019).

Menanggapi pernyataan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang menyebut sektor pariwisata Kota Pematangsiantar hanya yang terkenal dengan Roti Ganda saja, Irianto pun menjawab saat ini pihaknya menggalakkan kuliner.

"Sudah banyak kuliner-kuliner di Kota Siantar. Sudah kita galakkan. Misalnya di Jalan Gereja (kawasan simpang empat), Jalan Kartini, di Mega Land," katanya.

Untuk menggali potensi sumber daya alam (SDA), kata Robert, saat ini pihaknya tengah menggali potensi Sungai Bah Bolon, sebagai salah satu objek wisata arum jeram.

"Jadi kita sedang melakukan penataan itu, dan Pemko sedang mengajukan DAK (Dana Alokasi Khusus) ke pusat. Kalau tembus mudah mudahan menjadi destinasi arum jeram,"tuturnya.

Ia menambahkan, Kota Pematangsiantar saat ini punya objek wisata buatan. Misalnya, kata dia, Lapangan Merdeka, Lapangan H Adam Malik, Taman Beo dan Taman Hewan Pematangsiantar.

Selain itu ada lagi objek wisata religi, seperti Gereja, Mesjid Raya dan Vihara yang ada di Kota Pematangsiantar.

"Jadi kita keterbatasan wisata alam, seperti gunung, danau atau laut. Kita gak punya. Jadi objek wisata buatan itulah yang kita upayakan," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Edy mengungkapkan amatannya terhadap kondisi Kota Pematangsiantar, saat kunjungan kerja di Rumah Dinas Walikota, pada Rabu, minggu lalu.

Ia mengatakan, Wali Kota sebagai Kepala Daerah harus menciptakan hal yang baru untuk menggali sumber daya untuk menambah sektor pariwisata.

"Kepala daerah harus menciptakan sesuatu yang baru. Siantar tidak hanya dikenal dengan Roti Ganda saja. Namun banyak hal yang mendatangkan wisatawan," kata Edy saat memberikan pemaparan kepada Pimpinan Forkopimda, OPD dan Lurah dan Camat.

Penulis: gee. Editor: gun.