HETANEWS

Korban Kebakaran di Jalan Kotanopan Butuh Bantuan dari Dinsos Siantar

Puing - puing bangunan pasca kebakaran di Jalan Kotanopan, Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, percis di depan Jalan Kartini, depan Sekolah Taman Siswa, Sabtu sore (6/7/2019), sekira pukul 15.30 WIB. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Pasca kebakaran di Jalan Kotanopan, 3 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi, di rumah keluarga mereka masing - masing.

Salah satu keluarga korban, berharap bantuan materil bangunan untuk perbaikan satu unit rumah yang nyaris rata dengan tanah.

Kebakaran di Jalan Kotanopan, Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, pada Sabtu (6/7/2019) kemarin, mengakibatkan para korban terpaksa mengungsi ke rumah keluarga mereka masing - masing. Ada pula yang mulai mencari tempat kost-kostan.

Pemilik rumah, Gunawan Sembiring menyampaikan, ada 3 keluarga yang tinggal di rumah berdinding papan tersebut. Ke-3 keluarga tersebut masih bersaudara, dan tinggal di satu rumah yang disikat.

"Kemarin sudah datang Dinsos, BPBD melakukan pendataan kesini," ucap Gunawan, Senin (8/7/2019) saat ditemui di lokasi.

Sebagian lagi, kata dia, menyewa.Tempat yang mereka sewakan itu disewakan sebagai usaha rumah makan (Warung Bambu) dan warung kopi.

"Setelah kejadian itu, kami tidur di tempat kakak di Siantar state. Pak Saragih (Pemilik Warung Bambu)  juga mengungsi ketempat keluarganya. Besok aku mencari kost kost-an lah, segan juga tinggal di rumah kakak,"katanya.

Gunawan memperkirakan kerugian atas peristiwa kebakaran tersebut kisaran ratusan juta. Kerugian itu masih fisik bangunan. Belum lagi barang - barang yang lux (mewah,red).

"Kalau bantuan bahan makanan dari Dinsos belum ada. Kalau pun ada bantuan dikasih gak papa," katanya.

Baca juga: Kebakaran Rumah di Jalan Kota Nopan, Polisi Ungkap Begini

Namun demikian, Gunawan berharap ada bantuan dari dermawan, berupa bahan materil bangunan. Seperti seng dan papan untuk memperbaiki satu bangunan yang nyaris terbakar. Bangunan itu, kata Gunawan, bisa dipakai untuk tempat tinggal sementara.

"Kalau bisa ada papan dan seng untuk memperbaiki rumah yang satu itu. Bisa diperbaiki kamar mandinya, jadi tinggal disitu saja," ungkapnya.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) Kota Pematangsiantar, melalui Kepala Bidang Sosial, Risbon Sinaga mengatakan, pihaknya masih memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Mangga, Kota Pematangsiantar.

"Mengingat korban adalah keluarga sangat tidak mampu. Semua menyewa. Saat ini, mereka tinggal di bawah tenda," kata dia melalui pesan WhatsApp.

Untuk itu, pihaknya akan mendahulukan korban kebakaran di Jalan Mangga yang menghanguskan 10 unit rumah, pada Sabtu malam kemarin.

"Jadi kita dahulukan yang di jalan Mangga karena pertimbangan ekonomi para korban. Yang di Jalan Kotanopan akan kita tindaklanjuti berikutnya," kata Risbon.

Penulis: gee. Editor: gun.

Ikuti kami di Twitter, Instagram, Youtube, dan Google News untuk selalu mendapatkan artikel berita terbaru dari Heta News.