HETANEWS

Jokowi Harap Tol Manado-Bitung Bisa Beroperasi Penuh pada April 2020

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Jasa Marga Desi Arryani (kanan) meninjau ruas jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara.

Sulawesi, hetanews.com - Proyek tol Manado-Bitung molor setelah terkendala proses pembebasan lahan sepanjang 13 kilometer. Proyek tersebut seharusnya bisa beroperasi penuh pada April 2019.

Presiden Joko Widodo meminta tol Manado-Bitung dikebut, sehingga bisa dioperasikan pada April 2020. Kehadiran tol ini dinilainya penting karena tak hanya memudahkan akses ke Pelabuhan Internasional Bitung, tapi juga mendukung pariwisata di Pulau Lembeh.

"Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan KEK Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger ekonomi di Bitung untuk berkembang," kata Jokowi, dikutip Sabtu (6/7/2019).

Untuk mendorong pariwisata di Pulau Lembeh, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengaku siap membangun jembatan penghubung antara KEK Bitung dan Pulau Lembeh sepanjang 1 kilometer. Kebutuhan anggaran pembangunan jembatan itu diperkirakan Rp500 miliar.

"Nantinya tol (Manado-Bitung) ini tidak hanya terkoneksi untuk pelabuhan, KEK Bitung, dan Tanjung Pulisan-Likupang saja, akan tetapi juga untuk kawasan pariwisata Pulau Lembeh, yang dapat diakses melalui Pelabuhan Bitung," tutur Basuki.

Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp16,9 triliun. Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung dan sebaliknya menjadi 30 menit saja. Sebelumnya, waktu tempuh kedua kota itu sekitar 90-120 menit.

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi. Seksi I Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km yang dikerjakan pemerintah. Seksi IA sepanjang 7 km sudah 90,65 persen sementara seksi IB sudah rampung 100 persen dan akan beroperasi Oktober 2019.

Sedangkan Seksi I Air Madidi-Bitung sepanjang 25 km dikerjakan BUJT, PT Jasa Marga Manado Bitung. Ada dua seksi yaitu Seksi A2 Air Madidi-Danowudu sepanjang 11,5 km progresnya 87,23 persen dan Seksi 2B Danowudu-Bitung 13,5 km progresnya baru 19,37 persen.

sumber: inews.id

Editor: sella.