HETANEWS

California Selatan Diguncang Gempa Terkuat sejak 20 Tahun, Trump Tenangkan Warga

Titik pusat gempa bumi magnitudo 6,4 di California Selatan. (USGS)

Amerika Serikat, hetanews.com - Gempa bumi bermagnitudo 6,4 mengguncang California Selatan, Amerika Serikat, tepat di hari kemerdekaan, Kamis (4/7/2019).

Ini merupakan gempa terkuat yang mengguncang wilayah itu sejak 20 tahun terakhir, meskipun tak menimbulkan kerusakan parah dan korban jiwa.

Gempa dangkal yang diikuti puluhan guncangan susulan bertitik pusat di Gurun Mojave, sekitar 10 kilometer dari kota Ridgecrest dengan kedalaman 10,7 kilometer, pukul 10.33 waktu setempat.

Guncangannya dirasakan hingga radius 240 km yakni di Los Angeles, bahkan lebih jauh lagi seperti Las Vegas, Negara Bagian Nevada.

Seismolog dari Institut Teknologi California Lucy Jones mengatakan, gempa susulan masih akan terus terjadi hingga magnitudo 5.

Gempa ini merupakan yang terbesar di California Selatan sejak 1999, saat itu kekuatannya 7,1 hingga mengobarak-abrik pangkalan Korps Twentynine Palms.

David Witt, kepala pemadam kebakaran Kern County yang juga mencakup Ridgecrest, melaporkan ada warga yang mengalami luka ringan akibat terkena pecahan kaca di supermarket. Namun dia tidak dapat memberikan jumlah korban secara pasti.

Peggy Breeden, wali kota Ridgecrest, mengatakan, pasien rumah sakit setempat telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Dia juga menerima laporan beberapa rumah terbakar.

Pasokan listrik di beberapa daerah di kota itu juga putus, termasuk aliran gas.

Sementara itu, Departemen Pemadam Kebakaran San Bernardino menyatakan, beberapa bangunan dan jalan mengalami berbagai tingkat kerusakan, namun umumnya hanya retakan kecil.

Selain itu, pipa air bersih serta kabel listrik putus putus. Longsor bebatuan juga terjadi di beberapa jalan.

Gempa ini menghidupkan kembali kekhawatiran warga di negara bagian yang padat penduduk itu akan terjadinya guncangan besar, getaran kuat di sepanjang Patahan San Andreas dapat menghancurkan kota-kota besar di California Selatan.

Presiden Donald Trump dengan cepat meyakinkan bahwa gempa ini bukan seperti yang dikhawatirkan banyak orang.

"Semua tampaknya sangat terkendali!" cuitnya, 2 jam setelah gempa terjadi.

sumber: inews.id

Editor: sella.