HETANEWS

Kordinasi Bersama Antara KPU dan Pemko Siantar tak Jadi Digelar

Siantar, hetanews.com - Kordinasi bersama, antara Pemko dan KPU Siantar dalam menindaklanjuti kepastian jadwal Pilkada Serentak di Kota Siantar ke Pemerintah atasan tak jadi digelar.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemko Siantar, Junaedi Sitanggang mengakui, tidak berhasilnya kordinasi bersama tersebut.

Ia juga membenarkan, bahwa sebelumnya  Pemko dan KPU Siantar menggelar pertemuan untuk menindaklanjuti kepastian jadwal Pilkada serentak yang diperhadapkan diantara dua pilihan.

Antara penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 dan tahun 2024. Keduanya bersepakat akan berkordinasi ke pemerintah atasan, baik Pemerintah Provinsi Sumut dan Kemendagri.

"Kemarin kesepakatannya ke Gubernur dan ke Kemendagri. Pada saat itu mereka (KPU Siantar) gak ikut. Jadi kesepakan di rapat itu, gak jadi kordinasi bersama mereka," kata Junaedi, Kamis (4/7/2019).

Disinggung gagalnya kordinasi bersama akibat ketidaktersediannya anggaran Pemko dalam hal tersebut, Junaedi membantah.

"Kalau soal itu kan, teknisnya itu, gak bisa diutarakan. Sekarang memang belum ada titik tengahnya. Tapi kalau  memang KPU mengajak kita kordinasi, kita bersedia," ungkapnya.

Menanggapi kordinasi KPU Siantar dengan KPU Provinsi, Junaidi menyebut, pihaknya akan menunggu keputusan.

"Kalau KPU Siantar sudah berkordinasi dengan KPU Provinsi, biarlah kita tunggu. Kemudian KPU RI dan Mendagri yang akan berkordinasi. Sifat kita menunggu, apa kata pimpinan itu yang kita laksanakan," katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KPU Siantar memastikan penyelenggaraan Pilkada di Kota Siantar berlangsung Tahun 2020.

Hal itu sesuai dengan keputusan KPU RI yang menetapkan Kota Siantar masuk dalam 270 daerah kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada pada tahun 2020.

Berdasarkan surat KPU RI sebelumnya, Kota Siantar adalah salah satu dari 23 daerah di Provinsi Sumatera Utara yang ikut Pilkada serentak Tahun 2020.

Di wilayah Sumut, daerah yang mengikuti Pilkada serentak Tahun 2020, diantaranya, Kabupaten Simalungun, Samosir, Toba Samosir, Labuhan Batu, Karo, Asahan, Serdang Bedagai, Medan, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tanjung Balai dan Kota Binjai.

Penulis: gee. Editor: gun.