HETANEWS

Libas Cile 3-0, Peru ke Final Copa America setelah Menanti 44 Tahun

Para pemain timnas Peru merayakan salah satu gol mereka ke gawang Cile pada semifinal Copa America 2019 di Estadio Arena do Gremio, Porto Alegre, Kamis (4/7/2019) pagi WIB.

Inggris, hetanews.com – Tim nasional Peru berhasil melaju ke final Copa America 2019 usai menang 3-0 atas Cile pada semifinal di Arena do Gremio, Kamis (4/7/2019) pagi WIB. 
 
Bagi mereka, ini merupakan kali pertama berlaga di puncak setelah 44 tahun. Terakhir kali tim berjuluk La Blanquirroja itu ke final edisi 1975 dan berhasil angkat piala setelah menyingkirkan Kolombia. Itu merupakan era pertama Copa America setelah berganti nama dari Piala Amerika Selatan. 
 
Di final edisi kali ini, Peru akan berhadapan dengan tuan rumah Brasil yang sebelumnya mengandaskan Argentina 2-0 pada semifinal lainnya, Rabu (3/7/2019). Laga pamungkas bakal dihelat di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Senin (8/7/2019) dini hari WIB. 
 
Pada laga tersebut, Peru membuka keran gol pada menit ke-21. Memanfaatkan umpan tarik, bola disundul Andre Carillo. Si kulit bundar jatuh di kaki Edison Flores yang langsung melepaskan tembakan jarak dekat dan sukses mengoyak gawang Cile kawalan Gabriel Arias. 
 
Unggul, skuat asuhan Ricardo Gareca itu tak mengendurkan serangan. Hasilnya, La Blanquirroja berhasil menambah pundi-pundi gol lewat tendangan kaki kiri Yoshimer Yotun dari luar kotak penalti. Keunggulan dua gol bagi Peru bertahan hingga turun minum. 
 
Memasuki babak kedua, Pelatih Cile Reinaldo Rueda memutar otak guna membalikkan defisit dua gol yang terbentang dengan memainkan Angelo Sagal menggantikan Jose Fuenzalida. 
 
Sayang, racikan juru taktik berkebangsaan Kolombia itu tak mengubah banyak keadaan. Gawang Alexis Sanchez dan kolega justru kembali kebobolan pada masa injury time akibat torehan kapten Peru Jose Paolo Guerrero memanfaatkas asisst Renato Tapia. 
 
Dengan begitu, Cile gagal mempertahankan gelar juara Copa America yang sudah diraih dua edisi beruntun. Pasukan Rueda akan menghadapi Argentina pada partai perebutan peringkat ketiga, Minggu (7/7/2019).  
 
SUSUNAN PEMAIN 
CILE (4-3-3)
 
Arias; Isla, Medel, Maripan (Castillo 89), Beausejour; Aranguiz, Pulgar, Vidal; Fuenzalida (Sagal 46), Vargas, Sanchez 
Pelatih: Reinaldo Rueda 
 
PERU (4-2-3-1) 
Gallese; Advincula, Zambrano, Abram, Trauco; Tapia, Yotun; Carrillo (Polo 71), Cueva (Ballon 80), Flores (Gonzales 50); Guerrero 
Pelatih: Ricardo Gareca 

sumebr: inews.id

Editor: sella.