HETANEWS

Plt Bupati Asahan Hadiri Halal Bihalal dengan Warga Jawa di Desa Pulo Bandring

Plt Bupati Asahan, H. Surya B.Sc saat membacakan sambutan pada acara Halal Bihalal dengan warga Jawa, di Desa Pulo Bandring, Selasa (2/7/2019) malam.

Asahan, hetanews.com - Dalam rangka  menjalin silaturahmi dengan masyarakat Desa Pulo Bandring, Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc, bersama dengan Sekdakab Asahan, Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si dan beberapa pimpinan OPD, kembali menghadiri Halal Bihalal.

Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh warga Jawa yang bermukim di Desa Pulo Bandring, Kecamatan Pulau Bandring dan sekitarnya tersebut, dipusatkan di Lapangan Bolakaki Desa Pulo Bandring, Selasa (2/7/2019) malam, lalu.

Plt. Bupati Asahan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Halal Bihalal berkaitan dengan silaturahmi yang bermakna menyambung kasih sayang dengan membangun suatu keadaan saling bergantung satu sama lain.

Masih kata Surya, maka dari itu, antar sesama manusia dapat saling memahami dan mengasihi. Silaturahmi merupakan sebuah upaya pemulihan, karena dalam menjalani kehidupan, seseorang kadang kala melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu hubungan dengan orang lain.

"Dengan Halal Bihalal, Habluminannas atau hubungan horizontal dengan sesama manusia (relasi sosial) bisa diperbaiki. Kalau upaya saling maaf-memaafkan tuntas, Insya Allah hubungan vertikal Habluminallah juga dapat ditingkatkan. Dengan begitu, tujuan puasa Ramadhan, yakni menjadi insan yang bertakwa dapat tercapai, “ungkap Surya.

Diakhir sambutannya, Surya menyampaikan permohonan maaf dari almarhum H.Taufan Gama Simatupang, jika dimasa kepemimpinan sebagai Bupati Asahan terdapat kekhilafan dan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

"Saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekhilafan dan kesalahan dari almarhum Taufan Gama Simatupang semasa beliau menjabat sebagai Bupati Asahan baik itu yang disengaja mau tak disengaja,"pungkasnya.

Selain itu, Surya juga berharap kepada warga etnis Jawa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam rangka mewujudkan pembangunan di Kabupaten Asahan sesuai dengan visi dan misi terwujudnya masyarakat Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

"Saya berharap kepada warga etnis Jawa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi mewujudkan pembangunan kabupaten Asahan menuju masyarakat yang religius, sehat, cerdas dan mandiri, “tutupnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.