HETANEWS

Sempat Bilang Pilkada Siantar Tahun 2020, Gubsu Janji Kordinasi ke Kemendagri

Edy Rahmayadi didampingi Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah saat diwawancarai sejumlah awak media, Rabu (3/7/2019). (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi akan berkordinasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kota Pematangsiantar.

Hal itu disampaikannya, menjawab pertanyaan awak media terkait penyelenggaraan Pilkada Kota Pematangsiantar yang saat ini belum menemui titik terang.

Apalagi KPU Pematangsiantar, baru menerima surat balasan dari Wali Kota yang berisi belum adanya kesiapan Pemko dalam pengalokasian penganggaran Pilkada di Siantar.

Pemko Pematangsiantar menyatakan hal itu berdasarkan surat dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri nomor: 273/2176/OTDA tanggal 10 April 2019  No.273.

Kemudian surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara nomor: 131/6259 tanggal 25 Juni 2019.

Kedua surat tersebut, perihal penyampaian penjelasan yang ditujukan kepada Wali Kota Pematangsiantar, sebagaimana isinya, menyatakan bahwa Pilkada Siantar digelar tahun 2024.

Edy Rahmayadi yang diwawancarai oleh awak media di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar mengatakan, Pilkada Siantar sesuai jadwal KPU, masuk dalam Pilkada serentak 2020.

"Kalau kita lihat sesuai dengan jadwal yang benar Pilkada Siantar itu tahun 2020," kata Edy kepada wartawan sebelum beranjak meninggalkan rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar, Rabu (3/7/2019) siang.

Meski demikian, Edy Rahmayadi berjanji akan meluruskan hal itu. Khususnya penjadwalan Pilkada Serentak Kota Pematangsiantar yang diselenggarakan antara tahun 2020 dan tahun 2024.

"Saya akan koordinasikan, saya akan tanyakan ke Kemendagri," jelas Edy menambahkan.

Gubernur Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja ke Kota Pematansiantar dan Kabupatan Simalungun, Rabu (3/7/2019) dan Kamis (4/7/2019).

Pada kesempatan itu, Edy memberikan pemaparan di hadapan Forkopimda Pematangsiantar, OPD, Camat, Lurah, Kepala Sekolah dan tokoh masyarakat, di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar.

Penulis: gee. Editor: gun.