HETANEWS

Teror Penembakan Terjadi Lagi di Freeport, Dalangnya Diduga Kelompok Kali Kopi

Ilustrasi sejumlah personel TNI AD melakukan pengamanan di Papua.

Papua, hetanews.com - Aksi teror penembakan kembali terjadi di area PT Freeport Indonesia di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (2/7/2019). Pelakunya diduga Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari kelompok Kali Kopi. Namun, tidak ada korban jiwa dalam aksi teror.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1710 Mimika Letkol Inf Pio Nainggolan menjelaskan, aksi penembakan itu terjadi di ruas jalan mile 45, sekitar pukul 06.00 WIT tadi. Penembakan diduga ditujukan kepada para pekerja PT Freeport Indonesia yang melintas di area tersebut.

“Setelah mendengar ada suara tembakan di Mile 45, kurang lebih 30 personel TNI diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan mengejar para pelaku,“ kata Letkol Inf Pio Nainggolan di Timika.

Baca juga: Tembakan Terdengar di Area Freeport, TNI Sisir Area

Pio mengatakan, sebelumnya memang jajaran TNI sudah mengantisipasi saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Senin, 1 Juli 2019 kemarin. Setelah mendengar suara tembakan hingga lima kali, TNI yang bertugas di area Freeport Indonesia kemudian menelusuri jejak penembakan.

“Namun personel TNI tidak menemukan dan kepada siapa penembakan itu. Pelaku penembakan sudah kabur dan yang ditemukan hanya jejak kakinya ke arah kali. Kami menduga pelakunya dari kelompok Kali Kopi,” katanya.

Menurut dia, pascapenembakan, situasi di kawasan mile 45 sudah kondusif. Namun, Satgas TNI masih melakukan pengamanan di lokasi. Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam aksi teror tersebut. Teror tersebut juga tidak sampai mengganggu aktivitas pertambangan.

“Aktivitas pertambangan di mile 45 PT Freeport Indonesia masih berjalan seperti biasa,” katanya.

sumber: inews.id

Editor: sella.