HETANEWS

Langka, Badai Salju Dahsyat Landa Guadalajara Meksiko

Badai salju yang dahsyat merusak gedung dan mengubur mobil dan truk di daerah sekitar Guadalajara, Meksiko. (foto/Ulises Ruiz)

Guadalajara, hetanews.com - Badai salju langka melanda wilayah Guadalajara, salah satu kota terpadat di Mexico, Minggu (1/7/2019). Cuaca ekstrem ini mengejutkan penduduk lantaran banyak kendaraan yang terjebak dalam es.

"Saya belum pernah melihat hal seperti itu di Guadalajara," kata gubernur negara bagian, Enrique Alfaro, Senin (1/7/2019).

"Lalu kita bertanya pada diri sendiri apakah perubahan iklim itu nyata. Ini adalah fenomena alam yang belum pernah terlihat sebelumnya, Ini luar biasa," katanya.

Suhu di Guadalajara, yang terletak di utara Mexico City dan dengan populasi sekitar lima juta, diketahui sekitar 31 Celcius dalam beberapa hari terakhir.

Kendati dilanda badai salju musiman, tidak pernah ada laporan yang mengkhawatirkan. Setidaknya enam wilayah di pinggiran kota dilanda hujan es.

Personel Perlindungan Sipil dan tentara mengeluarkan alat berat untuk membersihkan jalan. Hampir 200 rumah dan pusat bisnis dilaporkan rusak akibat hujan es, dan sedikitnya 50 kendaraan tersapu oleh banjir es di daerah perbukitan.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa.

sumber: inews.id

Editor: sella.