HETANEWS

Kejutan, Peru ke Semifinal Copa America 2019 usai Singkirkan Uruguay

Para pemain Peru merayakan kemenangan mereka atas Uruguay pada perempat final Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Minggu (30/6/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Inggris, hetanews.com - Tim nasional Peru melaju ke semifinal Copa America 2019 usai menang adu penalti 5-4 atas Uruguay pada perempat final di Arena Fonte Nova, Minggu (30/6/2019) dini hari WIB. Kedua tim harus menjalani adu penalti usai laga berakhir imbang tanpa gol setelah melewati masa perpanjangan waktu. 
 
Penyerang Peru Paolo Guerrero merasa keberhasilan mereka ini bagai membungkam kritikan. Pasalnya, Uruguay memang lebih diunggulkan pada laga ini. Terlebih Peru sempat kalah 0-5 dari Brasil pada fase grup. 
 
“Kami berhasil menjawab keraguan terhadap Peru. Kami terlah menunjukkan tim ini memiliki kemampuan dan keberanian,” kata Guerrero kepada 20minutos
 
Pada menit awal babak pertama, Peru langsung keluar untuk melancarkan serangan ke pertahanan Uruguay. Tetapi, serangan yang dibangun Peru tak mampu menembus sepertiga akhir pertahanan Uruguay.

Pertahanan Uruguay yang digalang bek sarat pengalaman seperti Diego Godin masih cukup kukuh pada menit-menit awal. Setelah mementahkan serangan Peru, Uruguay pun balik melakukan serangan.

Striker Uruguay Luis Suarez jadi ancaman nyata untuk pertahan Peru selama 14 menit babak pertama berjalan. Usaha pemain Barcelona itu untuk membuat gol hampir berbuah hasil pada menit ke-15. Sayang, sundulannya tak menemui sasaran, dan hanya berbuah tendangan gawang saja. 
 
Setelah itu, rekan Suarez di lini depan yakni Edinson Cavani melewatkan kesempatan emas untuk membawa Uruguay unggul satu gol. Bomber Paris Saint-Germain itu mendapatkan bola liar, namun gagal mencetak gol kendati hanya berjarak beberapa meter saja dari gawang Peru.

Kegagalan itu tidak membuat Uruguay patah semangat. Tim asuhan Oscar Tabarez itu tetap berusaha keras untuk mencetak gol meskipun pada akhirnya babak pertama harus ditutup dengan skor kacamata. 
 
Uruguay berusaha untuk melanjutkan tekanan yang mereka bangun di 45 menit pertama pada babak kedua. Akan tetapi, Peru menunjukkan permainan yang sedikit berbeda di babak kedua dengan berani memegang bola lebih lama.

Perubahan permainan Peru membuat Uruguay sedikit kebingungan sehingga beberapa kali menerima tekanan. Peru yang mendapatkan angin pada babak kedua berusaha untuk memanfaatkan hal itu guna mencetak gol.

Serangan yang dibangun Peru membuat Godin dan kolega di lini pertahanan Uruguay harus bekerja dengan amat keras. Pada menit ke-55, Godin bahkan membuat penyelamatan penting guna menjaga kesucian gawang Uruguay. 
 
Selang empat menit kemudian, Cavani membuat pendukung Uruguay bersorak dengan golnya ke gawang Peru. Akan tetapi, kegembiraan itu harus terhenti karena wasit menilai Cavani dalam posisi offside
 
Setelah itu. kedua tim saling melancarkan jual beli serangan tetapi tidak ada yang berbuah gol. Alhasil, laga pun harus dilanjutkan hingga babak adu penalti untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal Copa America 2019. 
 
Ironisnya, kekalahan Uruguay ini akibat tembakan Luis Suarez mampu ditepis kiper Peru Pedro Gallese. Sementara seluruh eksekutor Peru mampu menjalankan tugasnya dengan baik, dan maju ke babak semifinal menghadapi Cile. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
URUGUAY (4-4-2)
 
Muslera; Caceres, Godin, Gimenez, Giovanni Gonzalez; Nandez (Torreira), Bentancur, Valverde (Stuani 90+7), De Arrascaeta; Suarez, Cavani 
Pelatih: Oscar Tabarez 
 
PERU (4-2-3-1) 
Gallese; Trauco, Abram, Zambrano, Advincula; Tapia, Yotun; Cueva (Ruidiaz 85), Carillo (Cristopher Gonzales 75), Flores; Guerrero 
Pelatih: Ricardo Gareca

sumber: inews.id

Editor: sella.