HETANEWS

Naikkan Harga Produk, BATA Incar Konsumen Kaya

Direktur PT Sepatu Bata Tbk Hatta Tutuko di RUPS Bata. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Jakarta, hetanews.com - PT Sepatu Bata Tbk (BATA) kini tengah menyasar pangsa pasar konsumen menengah atas. Perseroan menyiapkan langkah premiumization atau beralih memasarkan produk yang secara harga lebih tinggi dari sebelumnya.

Direktur PT Sepatu Bata Tbk, Ricardo Lumalessil, mengatakan pihaknya sedang mencoba untuk membuka mata pelanggan tentang ke mana arah bisnis Bata sekarang ini.

"Faktanya sekarang, orang sebelumnya banyak yang bilang, oh Bata itu sepatu murah. We're not talking about the cheap price shoes anymore right now, karena actually harga-harga kita juga sudah mulai beranjak naik," ungkap dia di Jakarta, seperti dikutip Jumat (28/6).

Ricardo tak memungkiri jika 65-70 persen pasar konsumen Bata saat ini berada di family store, yakni gerai milik perseroan yang terhampar di pinggir jalan. Namun, dia memuji upaya tim marketing yang telah bisa memperkenalkan Bata kepada segmentasi pasar yang lebih tinggi.

"Kita bersyukur marketing pada saat ini sedang melakukan inisiasi-inisiasi yang kemudian memang sudah bisa menarik pasar ini ke sasaran kita tadi," ujar dia.

Sementara itu, General Manager PT Sepatu Bata Tbk Merry Sondang mengutarakan, masyarakat selama ini mengenal Bata sebagai produk sepatu yang nyaman dan harganya terjangkau (affordable). Ke depan, perusahaan akan menambahkan tagline stylish kepada produk jualannya.

"Biasanya kalau orang merasa nyaman, pricing will be follow. Itu yang kita lihat adalah opportunity di Bata. Kita akan meng-improve comfort-nya dengan stylish. Kita akan tambahkan additional benefit," serunya.

Dia yakin, upaya marketing seperti itu dengan sendirinya akan mendongkrak harga jual yang bisa diwajari oleh pihak konsumen. "Bata akan menjual comfort dengan stylish. Jadi kita punya believe kalau brand equity-nya akan dinaikan melalui marketing activity, price-nya juga akan mengikuti," tukas dia.

  • Tak Khawatir Konsumen 'Ngacir'

Bata menyatakan tidak takut kehilangan pasar konsumen setianya. Sebab, perseroan meyakini perekonomian Indonesia akan terus tumbuh dan daya beli masyarakat juga meningkat.

"Kita punya believe kalau Indonesian consumer and economic will be growing. Itu akan bertumbuh," ungkap Merry.

Merry percaya, pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan bakal terus menanjak. Dengan begitu, harga produk seperti sepatu yang meningkat tidak jadi suatu masalah besar bagi konsumen.

"Jadi jika secara ekonomi akan bertumbuh, kita punya potential atau opportunity untuk menaikan benefit. Pastinya harga akan mengikuti, sehingga affordability-nya tetap ada," tuturnya.

Senada, Direktur PT Sepatu Bata Tbk Ricardo Lumalessil juga tak memungkiri pertumbuhan ekonomi negara ke depan akan baik, sehingga membuat pasar konsumen Tanah Air menjadi sangat potensial.

Selanjutnya, dia juga memandang mayoritas penduduk Indonesia sebagai masyarakat yang melek fashion, khususnya kaum milenial. "Ini adalah hal yang ingin Bata manfaatkan semaksimal mungkin. Apalagi potensi milenial di kita 50 persen. Jadi ini adalah sebuah pasar yang besar buat kita," ujar Ricardo.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.

Ikuti kami di Twitter, Instagram, Youtube, dan Google News untuk selalu mendapatkan artikel berita terbaru dari Heta News.