HETANEWS

Pemprov Sulsel Dampingi Gadis Pinrang yang Diperkosa 5 Pemuda Hingga Hamil

Makassar, hetanews.com - Gadis 16 tahun yang diperkosa 5 pemuda hingga hamil di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) masih trauma dan kerap mengurung diri di dalam kamarnya. Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Sulsel memberikan pendampingan psikologis dan hukum kepada kepada korban.

"Iya, kami juga baru terima pengaduan kerabatnya dari Pinrang. Katanya berkurung diri ini korban. Kami rencana segera melakukan pendampingan psikologis dan pendampingan hukum," ujar kepala UPM P2TP2A Sulsel, Meisy Papayungan, Kamis (27/6/2019).

Pihak P2TP2A Sulawesi Selatan masih melakukan kordinasi dengan PPPA di Kabupaten Pinrang, untuk segera bertemu dan menyembuhkan rasa trauma korban.

Nantinya tim P2TP2A Sulsel akan menurunkan ahli psikolog untuk melakukan trauma healing dan memberikan bimbingan kepada korban guna menjaga diri serta kesehatan kandungannya. 

"Psikolog perlu menggali kondisi psikologis korban, kekhawatirannya dan memberi penguatan. Keluarga juga perlu dibekali kemampuan untuk penguatan korban karena dalam kondisi seperti ini peran keluarga sangat penting dalam melewati proses," kata Meisy.

Lanjut Meisy, P2TP2A Sulsel juga akan membantu korban dalam penanganan proses hukum. Hal ini untuk menjamin pelaku mendapat hukuman yang setimpal.

Kejadian naas yang menimpa korban terjadi pada dua pekan lalu. Korban sempat mengalami trauma.

"Korban membutuhkan pendampingan dalam proses hukumnya, membantu korban untuk bukti dan saksi, kami berkoordinasi dengan Polres Pinrang," sambungnya. 

Gadis yang bekerja sebagai pelayan warung makan itu diperkosa oleh 5 orang, 1 di antaranya dikenal sejak sebulan lalu via Facebook.

"Dia jemput di warung. Saya kira orang baik-baik, jadi saya ikut saja," papar korban, Jumat (21/6)

Gadis tersebut mengatakan, pelaku yang dikenal via FB berinisial ER. Pelaku sempat membawanya berkeliling setelah itu dia singgah di sebuah rumah kosong. Di sanalah gadis tersebut diperkosa ER dan 4 temannya.

"Ternyata di sana ada 4 orang temannya, saya dipaksa dan diperkosa tidak bisa melawan," terangnya.

Atas kejadian yang menimpanya, gadis ini pun langsung melaporkan ke pihak kepolisian.

sumber: detik.com

Editor: sella.