HETANEWS

Tak Jerah, Sakianto Mantan Residivis Narkoba Diancam 7 Tahun Bui

Terdakwa Sakianto alias Kono, dikawal petugas Kejari Siantar. (foto/ms)

Siantar, hetanews.com - Terdakwa Sakianto alias Kono (52), mantan residivis narkoba, diancam 7 tahun penjara, karena kasus yang sama. Amar tuntutan dibacakan jaksa, Robert O. Damanik SH, dalam persidangan di PN Siantar, Rabu (26/6/2019).

Warga Jalan Madura Bawah No. 11 Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat ini, dibebankan juga denda Rp. 1 Milyar dengan subsider 6 bulan penjara. Terdakwa terbukti bersalah, karena melanggar pasal 114 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Atas tuntutan tersebut, terdakwa meminta ajukan pledoi (nota pembelaan) dibantu Penasehat Hukumnya, Erwin Purba SH.

Dalam dakwaan, Polisi meringkus terdakwa, di Parkiran Hotel Mutiara, Jalan SM Raja, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, pukul 15.00 WIB, pada Minggu (30/12/2018), lalu.

Berawal saat terdakwa diajak temannya Rinal (DPO) untuk memakai sabu di Penginapan Mutiara, Jalan SM Raja. Saat diinterogasi, terdakwa mengakui, bahwa sabu dibeli dari Rianto Marpaung ( terdakwa dalam berkas terpisah), warga Jalan Besar Parapat Huta Sintauli, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Barang bukti disita dari terdakwa, yakni 1 paket sabu dengan berat 0,28 gram dan 1 unit HP merek Nokia.

Untuk pembacaan putusan, majelis hakim yang dipimpin Danar Dono SH, dan didampingi hakim anggota, Simon Charlea SH dan Mhd  Iqbal Purba SH, menunda persidangan hingga sepekan.

Penulis: ms. Editor: gun.