HETANEWS

Wali Kota Tebingtinggi: Kegiatan Dikatakan Sukses Jika Diekspos Wartawan

Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan berfoto bersama Ketua PWI Sumut, H Hermansyah pada pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pra Uji Kompetensi Wartawan di Kota Tebingtinggi. (foto/rps)

Tebingtinggi, hetanews.com-Sehebat dan semeriah apapun sebuah kegiatan itu dikemas, jika tidak diekspos oleh para wartawan media cetak ataupun elektronik dan online tidak akan ada apa-apanya, karena hal tersebut sama sekali tidak akan diketahui oleh khalayak umum secara luas.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan saat membuka dan sekaligus sebagai salah satu narasumber, pada acara sosialisasi pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Humas PP Kota Tebingtinggi, Selasa (25/6/2019) siang, di Gedung Hj Sawiyah, Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, H Hermansyah dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumatera Utara, Rizal R Surya, serta Ketua PWI Tebingtinggi, Abdullah Sani Hasibuan, Ketua Komnas WI Tebingtinggi, Ridwan Siahaan, dan Koordinator IJTI Kota Tebingtinggi, Catur Haryono.

Disampaikan Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, bahwa wartawan sangat berperan dalam mensukseskan sebuah acara, dan sebagai salah satu contoh pada perhelatan sepak bola piala dunia, dimana ribuan wartawan dari segala penjuru dunia datang untuk meliput, dengan demikian panitia yang telah mengkemas kegiatan tersebut dengan sangat baik dapat meraih kesuksesan setelah acara itu disaksikan oleh seluruh umat di dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tebingtinggi turut menyampaikan, jika kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangatlah penting, dan merupakan kegiatan yang disenangi oleh Allah SWT, karena pertemuan dan kegiatan ini adalah kegiatan yang mengajarkan tentang keilmuan dan keahlian, guna menambah ilmu dan wawasan bagi wartawan yang bertugas di Kota Tebingtinggi.

"Wartawan adalah merupakan sebuah profesi, dan untuk itu wartawan dituntut harus dapat bekerja secara profesional sesuai dengan keilmuan yang dimilikinya. Dalam setiap profesi memiliki etika demikian juga dengan wartawan dalam menjalankan profesinya juga ada etika didalamnya, maka dalam mempublikasikan berita, wartawan harus memahami mana yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk dipublikasikan," terang Umar.

Sementara Ketua PWI Sumut, H Hermansah dalam kegiatan tersebut, menyampaikan tentang pedoman dalam berbagai pemberitaan, khususnya pemberitaan ramah anak serta pelaksanaan UKW yang akan dilaksanakan di Kota Tebingtinggi.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Rizal R Surya dalam paparannya, menyampaikan materi tentang tata cara menulis dan mencari berita yang baik dan layak untuk diberitakan.

Kegiatan ini turut juga dihadiri oleh Asisten Adm Umum Kamlan, Kadis Kominfo Tebingtinggi, Dedi Siagian, Kabag Humas PP, Abdul Halim Purba beserta jajarannya serta seluruh Wartawan Unit Pemko Tebingtinggi.

Penulis: rps. Editor: gun.