HETANEWS

Penyebar Hoax Sebut Polisi Pelaku Pembakaran Septor di Tanjung Pinggir Dijemput dari Tempat Kerjanya

Fitri Simarmata (18), penyebar hoax saat diamankan petugas dari tempat kerjanya, Senin (24/6/2019). (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Fitri Simarmata (18), warga Jalan Rondahaim, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba ini, diamankan Polsek Siantar Martoba dari tempat kerjanya, di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Siantar Timur, pasca menyebarkan berita hoax, lewat akun facebook miliknya, Fitri Callysta Simarmata, Senin (24/6/2019), lalu.

Kapolsek Siantar Martoba, Iptu Resbon Gultom saat dikofirmasi mengatakan, dalam akun facebooknya, pelaku menyebar atau memposting 4 foto sepeda motor (Septor) Yamaha Mio kondisi terbakar di Terminal Horas Tanjung Pinggir.

Selain memposting empat foto, Fitri Simarmata juga menyertakan caption pada foto yang dipostingnya dengan kata, sepeda motor Yamaha Mio dibakar sama polisi.

"Sebenarnya bukan dibakar sama polisi, sepeda motor itu terbakar akibat mengalami korsleting saat hendak dinyalakan sama pemiliknya, Indah (17), warga Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun," ujar Iptu Resbon kepada Hetanews.com, Selasa (25/6/2019).

Pasca diamankan, Fitri Simarmata sempat dimintai keterangan di Polsek dan diserahkan ke Polres Siantar, lalu meminta maaf atas postingannya di akun facebook pribadinya yang menuduh polisi, sebagai pelaku pembakaran sepeda motor dan viral di medsos.

"Semalam, Minggu (23/6/2019) sore, ada kereta terbakar di jalan dekat terminal Horas Tanjung Pinggir, lalu aku posting lewat facebook. Ada kawan komen, tanya kenapa kereta terbakar, dan kubalas katanya dibakar polisi sesuai yang aku dengar dari warga," ujar Fitri saat ditanyai.

Lanjut Kapolsek, pada Minggu (23/6/2019) sore, bersama anggotanya, membubarkan aksi balap liar di terminal Horas Tanjung Pinggir dan warga melapor ada kereta Yamaha Mio terbakar, di pinggir jalan dekat terminal dan mendatangi TKP.

"Kereta itu awalnya mogok. Saat distater mengalami korslet lalu terbakar. Jadi nggak benar kereta dibakar sama polisi, seperti yang diposting oleh akun facebook Fitri Callysta Simarmata," pungkasnya.

Penulis: hza. Editor: gun.