HETANEWS

Trump Jatuhkan Sanksi ke Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei

Trump jatuhkan sanski baru atas pemimpin Iran.

AS, hetanews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjatuhkan sanksi baru terhadap pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan para pemimpin militer. Dia menandatangani langkah-langkah sanksi baru itu di Oval Office, Senin (25/6/2019).

"Ini respons yang kuat dan proporsional terhadap tindakan Iran yang semakin provokatif," kata Trump, seperti dilaporkan AFP, Selasa (25/6/2019).

Trump Mengulangi lagi bahwa Iran tidak akan pernah bisa memiliki senjata nuklir. Dia juga menekankan saat ini situasi tergantung pada negara Republik Islam itu, yang bersikeras tidak mau bernegosiasi.

"Kami tidak mau konflik," ujar Trump.

"Kini tergantung pada respons Iran, sanksi itu bisa berakhir besok atau juga bisa bertahun-tahun dari sekarang."

Departemen Keuangan AS menyatakan akan memasukkan nama-nama ke dalam daftar hitam, antara lain Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, seorang tokoh moderat dan arsitek utama kesepakatan nuklir Iran 2015; delapan komandan utama dari pasukan militer elit Iran; Pengawal Garda Revolusi; serta menargetkan miliaran dolar aset Iran.

Sanksi baru yang dijatuhkan AS ini membuat Iran tak bisa mengakses sumber-sumber keuangan mereka di luar negeri.

Ketegangan memuncak setelah Iran menembak jatuh pesawat mata-mata AS pekan lalu dan Trump membatalkan serangan balasan di menit-menit terakhir. Pada pertengahan Juni, ledakan misterius merusak dua kapal asing di dekat Iran, menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan jalur pelayaran yang digunakan untuk mengangkut sebagian besar pasokan minyak dunia.

sumber: inews.id

Editor: sella.