HETANEWS

Soal Rekomendasi Kemenpora Terkait GOR, Kabid Aset Bilang Bisa Diurus Setelah Penandatanganan MoU

Siantar, hetanews.com - Saat ini Pemko Siantar sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Pihak ketiga untuk pembangunan Gedung Olahraga (Gor), yang direncanaka akan ditambah fungsi yakni selain adanya Gor juga nantinya akan ada pusat perbelanjaan modren atau Mall.

Berdasarkan keterangan Kabid Aset Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Siantar Alwi menyebutkan jika sistem yang dilakukan dengan Pihak ketiga yakni Bangun Guna Serah (BGS).

"Dibangun dan setelah 20 Tahun diserahkan kepada kita, tetapi untuk Gornya diberikan kepada kita 10 persen dari pendapatan,"katanya.

Ditanya apa yang didapat oleh Pemko selama 20 Tahun dari berdirinya Mall tersebut, Alwi menyebutkan Pemko akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang pajak.

"Yah kita dapat dari pajak, tetapikan setelah 20 Tahun bangunan itu sudah jadi milik kita,"katanya.

Terkait UU Nomor 3 tahun 2015 tentang Sistem Kelorahragaan Nasional dimana di pasal 67 ayat 7 harus mendapatkan rekomendasi dari kementrian terkait, Alwi menyebutkan hal tersebut akan mereka penuhi setelah penandatanganan kerja sama.

"Itu bisa dipenuhi setelah tanda tangan kerja sama, dan memang administrasinya bayak yang belum kita selesaikan, contoh IMBnya, yang pentingkan kita sudah ada pihak yang mau membangun,"ucapnya.

Terkait Perda Tata ruang daerah tersebut, dan apakah tidak menganggu jalannya aktifitas sekolah yang ada disekitar Gor tersebut contoh SMP Negri 1.

"kalau tata ruangnyakan memang itu daerah Perdagangan dan jasa, yah nanti bagaimana kita carikan solusi agar tidak terganggu sekolah yang disebelahnya,"sebutnya.

Penulis: tom. Editor: tom.