HETANEWS

Kacab ESDM UPTD Provsu Sebut Dua Nama Ini Tidak Miliki Izin Tambang di Siantar

Kepala Cabang Wilayah III Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara, Leo Lokulisa Sihaloho, Senin (24/6/2019). (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Kepala Cabang Wilayah III Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara, Leo Lokulisa Sihaloho mengatakan, di Kota Pematangsiantar karena tata ruangnya, tidak ada diperuntukan untuk pertambangan.

Hal ini diungkapkan Leo, pasca Polres Siantar menggelar keterangan pers usai menggerebek galian C di Tanjung Pinggir, yang mana Kasat Reskrim, AKP Demak Ompusunggu mengatakan, galian  tersebut milik marga Pardede sesuai keterangan supir truk yang terjaring razia di Jalan Medan, Kota Siantar.

Terkait adanya dan ketika disinggung mengapa mereka pengelola galian C memiliki  Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi, Leo mengaku tidak tahu soal izin tersebut.

"Itu kemarin kita pertanyakan kenapa bisa keluar. Setelah masalah, baru kita mengetahui kalau mereka memilikin izin tersebut," ujar Leo, di Polres Siantar, Senin (24/6/2019).

"Soal izin pertambangan yakni, pertama alas haknya harus jelas, lalu yang jedua masyarakat setempat tidak keberatan dan perizinan yang mengeluarkan izin baru kita mengeluarkan rekomendasi. Setelah itu kita bermohon ke Kabupaten/Kota untuk menerbitkan sesuai tataruang (RT/RW),"ungkap Leo seraya mengatakan, terkait galian C yang digerebek Polres Siantar, pihaknya tidak ada memberikan rekomendasi.

Selain itu juga, Leo menyampaikan, tidak hanya Pematangsiantar yang tidak bisa dilakukan penambangan, Tebing dan Sibolga juga tidak bisa.

"Di Siantar Peti (Pertambangan Tidak Ada Izin), di sebelah Pardede ada. Lilis.Tapi gak tahu masih main apa tidak. Kemarin juga ada penindakan dari Polda Sumut," pungkasnya.

Penulis: hza. Editor: gun.
Komentar 1