HETANEWS

Saksi 01: 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' Ditulis Untuk Mengagetkan

Jakarta, hetanews.com - Saksi Anas Nashikin yang dihadirkan tim hukum 01 Jokowi-Ma'ruf dalam persidangan di MK hari ini menjelaskan soal materi 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' yang sempat disinggung saksi Prabowo-Sandi. Anas menjelaskan maksud materi tersebut.

Anas Nashikin merupakan koordinator bidang pelatihan di Direktorat Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf. Materi 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' disampaikan dalam training of trainers (TOT) di salah satu hotel pada 20-21 Februari 2019.

Dia menyebut materi 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' disampaikan dalam sesi pemaparannya. Anas menyebut materi itu memang sengaja ditulis sedemikian rupa untuk mengagetkan peserta.

"Jadi begini Yang Mulia, materi ini mesti dipahami secara utuh. Kalau Yang Mulia lihat di dalam slide itu dan lihat di slide-slide berikutnya, maka memang itu sengaja ditulis begitu untuk mengagetkan biar ada perhatian," kata Anas dalam sidang di gedung MK, Jumat (21/6/2019).

Baca juga: Saksi Jokowi Cerita Kubu 01-02 Akrab di Rekap KPU: Salat-Bercanda Bareng

Materi 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' itu diungkap saksi 02 Hairul Anas Suaidi, caleg Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang MK sebelumnya. Lalu, apa tujuan Anas membuat judul untuk mengagetkan peserta?

"Kita ingatkan bahwa kecurangan itu sesuatu yang niscaya, kita tidak mau menuduh siapapun, tapi itu niscaya karena itu kita perlu mengantisipasinya agar di dalam pemilu yang akan datang. Maksud itu waktu itu kita sampaikan yang akan datang," sebut dia.

Hakim lalu bertanya substansi materi 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi'. 

"Itu mengajak motivasi atau sekadar penjelasan mengenai keadaan yang ada?" tanya Hakim Manahan Sitompul.

"Mengenai keadaan yang perlu diantisipasi tepatnya," jawab Anas.

sumber: detik.com

Editor: sella.