HETANEWS

Server PPDB Tak Menyanggupi, Peserta Didik Daftar dari Sekolah

Mengantri: Peserta Didik, Wali dan Orang Tua Siswa menunggu antrian verifikator sekolah, ketika pendaftaran PPDB 2019 di SMA Negeri 4 Pematangsiantar, Kamis 20 Juni 2019. (foto:hughes)

Siantar, hetanews.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun dengan jalur zonasi telah dibuka dari Rabu 19 Juni- Selasa 25 Juni 2019.

Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Kota Pematangsiantar mengakui dihari perdana pendaftaran PPDB hingga hari ini Kamis (20/6/2019) layanan pendaftaran sistim online tersebut masih mengalami gangguan.

"Kalau server ini kan maunya terkadang down. Masalahnya gini, kan banyaknya yang masuk (pengajuan pendaftaran online). Kalau sekali banyak siswa yang mendaftarkan maunya hang (server tak merespon)," kata Triwanders Sinurat, Admin PPDB Cabdisdik Kota Pematangsiantar.

Ia mengatakan, sebelumnya PPDB 2019 ini siswa atau peserta didik boleh mendaftar sendiri secara online. Mendaftar lewat jaringan internet melalui komputer/laptop, yang diakses dari luar sekolah.

Karena server tidak dapat menyanggupi keseluruhan pendaftar, pihaknya pun membuat kebijakan untuk mengatasi gangguan tersebut. Berkas persyararan peserta didik yang mendaftar, terlebih dahulu diverifikasi pihak sekolah. 

"Akhirnya kita buat kebijakan seperti ini. Jadi yang mendaftar itu sudah terregistrasi, dalam artian dari verifikator sekolah," katanya ditemui di kantornya, Kamis Siang.

Misalnya, kata dia, kebutuhan siswa di salah sekolah sebanyak 100 orang. Sementara pendaftar sudah membludak. Dengan itu yang sudah terregistrasi di sekolah tersebut lah yang diinput secara online. Hal itu dilakukan agar server pendaftaran PPDB itu tidak membludak.

"Ini meminimalisir jumlah pendaftar yang mebludak masuk ke server. Jadi data yang teregistrasi disekolah dulu yang dimasukkan ke server," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini data pendaftaran online PPDB 2019 yang masuk dari sekolah berlahan sudah diinput. PPDB ini terus berlangsung hingga batas waktu penutupan, Selasa 25 Juni 2019 mendatang. 

"Jumlah pendaftar tidak dibatasi. Pendaftaran dibuka hingga batas waktu yang ditentukan," katanya.

Kebijakan seperti ini diberlakukan di SMA Negeri 2 dan SMA 4 Kota Pematangsiantar. Para peserta didik yang mendaftar membawa sejumlah persyaratan yang dibutuhkan. 

Verifikator sekolah meregistrasi data peserta didik lalu memasukan data pendaftar tersebut secara online oleh petugas admin di tiap sekolah. 

Informasi yang dihimpun, dihari kedua pendaftaran PPDB di SMA Negeri 4 Pematangsiantar tercatat lebih kurang 600 pendaftar yang sudah masuk di data online.

Baca juga: Besok, PPDB SMA-SMK di Siantar - Simalungun Dibuka

Penulis: gee. Editor: edo.