HETANEWS

Mantan Kepala Interpol Mengaku Bersalah Terima Suap Senilai Rp30 Miliar

Meng Hongwei saat masih menjabat kepala Interpol

China, hetanews.com - Mantan kepala Interpol Meng Hongwei mengaku bersalah menerima suap sebesar 14,46 juta yuan atau sekitar Rp30 miliar dalam sidang di pengadilan China, Kamis (20/6/2019).

Pengadilan Menengah Nomor 1 Tianjin mengungkap, Meng mau bekerja sama selama persidangan.

Menurut pengadilan, dalam pernyataan yang dikutip dari AFP, sidang pembacaan vonis akan digelar pada tanggal atau waktu yang belum bisa ditentukan.

Foto yang dirilis pengadilan Tianjin menunjukkan, Meng, mengenakan jaket coklat, duduk di ruang sidang diapit dua polisi.

Warna rambutnya tampak berubah dengan banyak uban. Tubuhnya juga terlihat kurus dibandingkan dengan penampilannya di foto-foto yang diambil pada 2017.

Dia sempat dilaporkan hilang oleh keluarganya pada September 2018 setelah keluar dari kantor pusat Interpol di Lyon, Prancis. Setelah itu, pemerintah China mengumumkan telah menangkapnya atas tuduhan menerima suap.

Pengadilan menyatakan, antara 2005 dan 2017 Meng memanfaatkan status dan jabatannya, termasuk sebagai Wakil Menteri Keamanan Publik dan Kepala Kepolisian Laut, untuk mengumpulkan suap yang jika ditotal nilainya mencapai 2,1 juta dolar AS.

Meng merupakan salah satu kader Partai Komunis yang terjebak dalam kampanye anti-korupsi Presiden Xi Jinping. 
Para kritikus menganggap kampanye ini dijadikan alat untuk menjatuhkan musuh-musuh politik Xi.

Selama 6 tahun kepemimpinan Xi, lebih dari 1 juta pejabat China dihukum akibat korupsi.

sumber: inews.id

Editor: sella.