HETANEWS

Pencuri Setandan Sawit Senyum Divonis 7 Bulan

Digiring petugas, Darus meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Darus Armansyah (24), tersenyum saat meninggalkan ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Rabu (19/6/2019). Karena majelis hakim telah meringankan hukumannya menjadi 7 bulan.

Sebelumnya, Darus dituntut 1 tahun oleh jaksa, karena mencuri 1 tandan sawit dan mengakibatkan perkebunan mengalami kerugian Rp.80 ribu saja.        

Majelis hakim, pimpinan Roziyanti SH menyatakan, terdakwa telah terbukti bersalah mencuri 1 tandan sawit milik PTPN IV Aek Nauli.

"Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 107 huruf d UU No.39/2014 tentang perkebunan,"kata Rozy.      

Pencurian itu dilakukan terdakwa, pada Jumat (22/2/2019) lalu, di Blok 98 H Afd.III Kebun Aek Nauli. Awalnya, terdakwa hanya menggembalakan ternak sapi, tapi melihat ada 1 tandan sawit dalam semak-semak Lalu timbul niat terdakwa untuk mengambil sawit tersebut.

Dengan cara dipundak akan dibawa ke perkampungan, tapi naas dilihat security-nya. Terdakwa langsung dilaporkan ke Suparno selaku Danton Hansip. Atas perintah asisten  SDM Umum dan Manager PTPN Aek Nauli bernama Ir.Ansari MM, terdakwa dibawa ke Polsek Bosar Maligas dan diproses hukum.      

Vonis tersebut diterima terdakwa, sedangkan jaksa menyatakan pikir-pikir. Persidangan dibantu panitera, Apollo Manurung SH, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.