HETANEWS

Pencuri 7 Kilo Latex Dibui 9 Bulan

Petugas Helmy SH menggiring terdakwa meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terdakwa Tuswanto alias Sugianto (32), warga Huta I Negeri Lawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, divonis 9 bulan penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Tuswanto dinyatakan terbukti bersalah, melanggar pasal 111 UU RI No.39/2014 tentang perkebunan.

Amar putusan tersebut, dibacakan majelis hakim, Novarina Manurung SH didampingi hakim anggota, Aries Ginting SH dan Hendrawan Nainggolan SH, di PN Simalungun, Selasa (18/6/2019).

Hakim sependapat dengan jaksa, Sari Ramadhani LUbis SH, tentang pasal yang dipersalahkan.

Namun hakim tak sependapat dengan lamanya masa pemidanaan dan meringankan hukuman terdakwa dari 12 bulan (tuntutan jaksa).

Terdakwa terbukti melakukan pencurian getah Lum (latex) milik Perkebunan PT Bridgestone, yang dilakukan terdakwa pada Rabu, 16 Januari 2019, pukul 23.00 WIB, lalu, di areal Blok T.31 Sbv F/II Kebun PT Bridgestone SRE, Nagori Dolok Kataran, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun.

Dengan berjalan kaki dan membawa ember, terdakwa masuk ke kawasan kebun dan memasukkan getah yang tertampung pada mangkuk-mangkuk.

Saat terdakwa sedang mengangkut getah dalam ember yang telah ditampungnya dan membawanya di sekitaran perkebunan karet dilihat saksi Fahrudin dan saksi Edi Junaidi (masing-masing petugas keamanan PT Bridgestone SRE) dan langsung mengamankannya.

Akibat perbuatan terdakwa mencuri 7 kg latex, PT Bridgestone mengalami kerugian Rp. 121.800.  Atas vonis terebut, terdakwa menyatakan terima demikian juga dengan jaksa.

Penulis: ay. Editor: gun.