HETANEWS

Overkapasitas Jadi Sebab Napi di Rutan Lhoksukon Aceh Ricuh dan Kabur

Rutan Cabang Lhoksukon, Aceh Utara. (Datuk Haris)

Aceh Utara, hetanews.com - Narapidana di Rutan Cabang Lhoksukon, Aceh Utara, Aceh membuat kericuhan dan 73 di antaranya berhasil kabur. Diketahui penyebab kericuhan dan kaburnya napi karena rutan yang sudah overkapasitas.

"Udah kelewat over. Bukan over lagi. Di sini kapasitasnya 90 orang, sekarang yang dihuni 447 orang," kata Kepala Rutan Lhoksukon, Yusnal, Senin (17/6/2019).

Baca juga: Kronologis Kaburnya 73 Napi Rutan Lhoksukon, Rusak Pintu Utama Hingga Pukul Sipir

Yusnal mengungkapkan, saat peristiwa kericuhan terjadi petugas sipir yang menjaga kalah banyak dibanding para napi yang kabur.

Mereka (napi) secara bersama-sama kabur setelah berhasil menjebol tiga lapis pintu besi rutan tersebut. Mereka mendobrak dengan memakai kursi besi di dalam rutan.

"Atas peristiwa ini, sebanyak 73 napi kabur. 22 diantaranya berhasil ditangkap kembali di sejumlah tempat di sekitar rutan," ujar Yusnal.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa kericuhan disertai kaburnya para napi itu terjadi pada Minggu (16/6) sekitar pukul 16.00 WIB. Pemicu awalnya didalangi oleh seorang napi kasus pembunuhan dengan vonis seumur hidup.

Dia melakukan perencanaan dengan mengajak para napi lainnya untuk kabur.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.