HETANEWS

Uruguay Awali Copa America 2019 dengan Pesta 4-0 Kontra Ekuador

Striker Uruguay Luis Suarez (9) merayakan golnya ke gawang Ekuador pada penyisihan Grup C di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Brasil

Inggris, hetanews.com - Uruguay mengawali Copa America 2019 dengan pesta 4-0 kontra Ekuador pada penyisihan Grup C di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Brasil, Senin (17/6/2019) pagi WIB. 

Sejak awal, pemilik rekor 15 titel kejuaraan paling elite antarnegara Amerika Selatan itu memang sangat mendominasi permainan. Total mereka mampu mencapai 62 persen penguasaan bola dan melepaskan 16 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Hasilnya, pertandingan baru berjalan lima menit, tim berjuluk La Celeste itu langsung membuka keran golnya melalui aksi Nicolas Lodeiro setelah memaksimalkan umpan Luis Suarez dari sayap kanan. 

Gol itu membuat Ekuador tertekan. Kondisi mereka semakin kacau setelah harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-24 kala bek kanan Ekuador Jose Quinteros diusir Wasit Anderson Daronco karena mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Lodeiro. 

Sebelum memaksa Quinteros meninggalkan lapangan lebih awal, wasit meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk memastikan keputusan yang diambilnya.

Unggul jumlah pemain, Uruguay untuk semakin beringas membombardir pertahanan lawan. Kemudian, tim berkostum biru laut itu menambah keunggulannya melalui Edinson Cavani yang melepas tembakan voli memanfaatkan umpan Diego Godin pada menit ke-33.

Suarez tak mau ketinggalan. Dia juga ikut menyumbang satu gol pada menit ke-44 setelah menerima umpan sundulan Martin Caceres. 

Di babak kedua, keganasan La Celeste tak berhenti. Namun, Ekuador mampu menggalang pertahanan lebih solid. Sehingga hanya satu gol tambahan yang bersarang ke gawang mereka karena gol bunuh diri Santi Mina pada menit ke-80 setelah salah mengantisipasi sundulan Gaston Pereiro.

Gol itu juga harus dipastikan oleh VAR karena Pereiro diduga melakukan dorongan kepada lawan sebelum melakukan sundulan. Namun, wasit tetap mengesahkannya. 

Kemenangan ini membuat Uruguay duduk manis di puncak klasemen Grup C dengan poin 3 di atas Cile dan Jepang yang baru akan main Selasa (18/6/2019) besok pagi WIB. Sementara Ekuador terdampar di dasar klasemen. Uruguay akan melakoni laga kedua kontra Jepang, Jumat (21/6/2019) pagi WIB. 

SUSUNAN PEMAIN
URUGUAY (4-4-2)
Muslera; Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt; Nandez (Pereiro 64), Vecino (Valverde 81), Bentancur, Lodeiro (Torreira 75); Suarez, Cavani
Pelatih: Oscar Tabarez

EKUADOR (4-2-3-1)
Dominguez; Quintero, Mina, Achillier, Caicedo; Intriago, Orejuela; Valencia, Angel Mena (Velasco 29), Preciado (Ibarra 46); Enner Valencia
Pelatih: Hernan Dario Gomez

sumber: inews.id

Editor: sella.