HETANEWS

Sejumlah Bangunan Rusak Tertimpa Pohon Akibat Puting Beliung di Pulau Bandring Asahan

Petugas BPBD Asahan membantu salah satu warga memperbaiki rumahnya terdampak puting beliung di kawasan Desa Suka Makmur, Kecamatan Pulau Bandring, Kabupaten Asahan pada Sabtu (15/6/2019). Bencana puting beliung melanda kawasan tersebut pada Jumat (14/6/2019) sore. Tribun Medan

Medan, hetanews.com - Sejumlah bangunan di lima dusun di Desa Suka Makmur, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, rusak tertimpa batang pohon dan tertiup angin, Jumat (14/6/2019) sore.

Kejadian tersebut berawal dari hujan disertai angin kencang yang berlangsung sekitar satu jam melanda sekitar pukul 17.10 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Asahan Khaidir Sinaga menyatakan setelah dilakukan pendataan pada Sabtu (15/6/2019) diketahui dampak dari peristiwa puting beliung tersebut sebanyak sebelas rumah dan dua kandang ternak mengalami kerusakan.

"Peristiwa puting beliung kemarin membuat tiga rumah rusak sedang, delapan rumah rusak ringan, dan masing-masing kandang ternah mengalami rusak berat dan rusak sedang," ungkap Khaidir, Sabtu.

Selain itu, peristiwa alam tersebut membuat puluhan tanaman yang berada di sekitar lokasi tumbang, serta terputusnya aliran listrik PLN melanda empat titik lokasi.

Sehingga sempat membuat aktifitas warga yang rumahnya terdampak sempat terganggu.

"Korban nihil, hanya saja kerugian material akibat bencana tersebut ditaksir mencapai Rp 106 juta," ujarnya.

Tim dari BPBD Asahan telah selesai mengevakuasi dan membersihkan pohonyang tumbang dan menimpa bangunan milik warga.

"Kami sudah menyerahkan bantuan logistik untuk pemenuhan kebutuhan dasar kepada korban yang terdampak. Dan kondisi di lokasi kini sudah aman terkendali. Warga yang rumahnya rusak juga bisa menempati tempat tinggalnya masing-masing," sebutnya.

Sumber: tribunnews.com

Editor: gun.