HETANEWS

Ibu 4 Anak Lumpuh Karena Laka Lantas di Siantar

Kapolres menyampaikan bantuan yang diterima langsung oleh Julia, ihu 4 anak yang mengalami lumpuh dibagian kakinya akibat laka lantas. (Foto/Ist)

Siantar, hetanews.com - Berawal dari rasa keprihatinannya, Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu meringankan langkah kakinya menjenguk warga miskin yang lumpuh sudah menahun.

Julia Astina (39) warga Jalan Teratai, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat, ibu empat anak mengalami lumpuh di bagian kaki kirinya sejak 3 tahun silam. Isteri dari Wahono itu mengalami kecelakaan lalu lintas pada 2016 silam.

"Kami tergugah dan kami mengunjungi ibu Julia ke lokasi. Ternyata kita lihat memang sakit lumpuh sudah 3 tahun. Kami prihatin dan simpati, kami beri bantu ala kadarnya," ujar Heribertus usai membesuk ke rumah Julia, Jumat (14/6/2019).

Hetanews berkesempatan melihat langsung kehidupan keluarga Wahono yang tinggal di rumah kontrakan berdinding papan dan luas berukuran kecil. Tak ada perabotan seperti kursi dan hiburan televisi di ruang tamu. Suami Julia sendiri tak memiliki pekerjaan tetap.

Rombongan Kapolres disambut keluarga Wahono duduk di lantai semen beralaskan karpet didampingi Dinas Sosial dan Dinas Pariwisata Pemko Siantar menyampaikan pihaknya juga berupaya membantu mempercepat keluarnya kartu BPJS atau pun KIS guna keperluan operasi.

"Saya konfirmasi ke Pak Kadis bahwa akan diusahakan dua hari mendatang agar kartu BPJS bisa keluar, supaya kaki (Julia) bisa dioperasi dan bisa disembuhkan," tambah Heribertus.

Julia sendiri menyampaikan kecelakaan yang didalami saat mengendarai becak bermotor (Betor) bertabrakan dengan mobil.

Sejumlah upaya untuk penyembuhan kakinya telah ia lakukan bersama keluarga berobat ke rumah sakit. Namun upaya penyembuhan itu tak bertahan lama lantaran keterbatasan finansial keluarga.

Sementara itu, Kadis Sosial Pariaman Silaen menyampaikan tercatat ada sekitar 75 warga Siantar yang lumpuh. Dijelaskannya, biaya BPJS Julia ditanggung oleh APBD Pemko Siantar.

"Kami berupaya untuk terus mengajukan ke Kementrian Sosial supaya ada bantuan secara rutin terhadap warga," beber Pariaman.

Penulis: bt. Editor: bt.