HETANEWS

Gundul Didakwa 'Angkut' 25 TBS Milik PTPN IV

Digiring petugas, Gundul meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Suardi alias Gundul (36), warga Huta VI Pasar Pagi, Nagori Parlanaan, Kecamatan Bandar, diadili di PN Simalungun, gara - gara mengangkut hasil curian sebanyak 25 tandan sawit.

Menurut dakwaan jaksa, Sari Ramadhani Lubis SH yang dibacakan dalam persidangan, Kamis (13/6/2019), terdakwa ditangkap petugas keamanan kebun, pada Senin, 18 Maret 2019 lalu, pukul 12.00 WIB.

Dengan Honda Supra X tanpa plat dan along - along dari besi, mengangkut 25 Tandan Buah Sawit (TBS) tanpa ijin dari PTPN IV Gunung Bayu.

Hasil curian itu dibawa ke gudang penampungan milik OM (DPO). Sedangkan Ijun Ompong (DPO), teman terdakwa, berhasil melarikan diri.

TBS tersebut diambil oleh Ijun Ompong dari blok 011-I add III Gunung Bayu Nagori Perdagangan II. Dari dalam parit isolasi (perbatasan kebun dengan lahan masyarakat) yang dilangsir dan dimuat ke sepeda motor terdakwa.

Jaksa Penuntut Umum menjerat terdakwa dengan Pasal 107 huruf d UU No.39/2014 tentang Perkebunan. Terdakwa membenarkan dakwaan jaksa dan tidak keberatan.

Untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi, majelis hakim Novarina Manurung SH, Aries Ginting SH dan Justiar Ronald SH, menunda persidangan satu Minggu.

Penulis: ay. Editor: gun.