HETANEWS

Ephorus HKBP Hadiri Peletakan Batu Pertama Guest House Training Centre Panti Karya Hephata HKBP Laguboti

Ephorus HKBP, Ompu I Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, didampingi bersama Ompu Boru M. Br. Siahaan, saat peletakan batu pertama pembangunan guest house (Penginapan Pusat Pelatihan Kerja Pertanian Peternakan) Panti Karya Hephata HKBP Laguboti, Rabu (12/6/2019).

Laguboti, hetanews.com – Ephorus HKBP, Ompu I Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, didampingi bersama Ompu Boru M. Br. Siahaan, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan guest house (Penginapan Pusat Pelatihan Kerja Pertanian Peternakan) Panti Karya Hephata HKBP Laguboti, Rabu (12/6/2019).

Tampak hadir rombongan donator dari HKBP Makassar, Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th, Pdt. Nixon Sitorus, S.Th, perwakilan Praeses HKBP Distrik IV Toba, sekaligus sebagai pengkhotbah, Camat Laguboti serta perwakilan Ibu PKK Kecamatan, Dinas Pariwisata Tobasa, Dinas Sosial Tobasa, Dinas Pertanian Tobasa, Lembaga Sekolah Tinggi Diakones HKBP, Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP, dan Lembaga Sekolah Perawat HKBP, para Pelayan Penuh Waktu dan pegawai, beserta keluarga besar Panti Karya Hephata Laguboti, pemuka masyarakat, Sintong Marnipi, Biro Personalia HKBP, dan Biro Jemaat HKBP.

Pembangunan Guess House ini, karena menjadi kebutuhan dari pengembangan pelayanan Panti Karya Hephata yang akan digunakan untuk penginapan induk dalam rangka traing center.

Foto bersama disela-sela acara Peletakan Batu Pertama Guest House Training Centre Panti Karya Hephata HKBP Laguboti.

Training Center yang dimaksud dalam rangka tempat pelatihan keterampilan beternak serta bertani. Misalnya peternakan ayam petelur yang sedang prioritas dikembangkan sehubungan dengan adanya sumbangan dari Donal Sihombing, yaitu beberapa ruangan kepada Panti Karya Hephata. Demikian dengan peternakan babi, dan lainnya.

Diharapkan kedepan, training centre ini akan menciptakan dan menghasilkan orang – orang yang terampil dalam beternak dan bertani, sehingga menolong masyarakat membangun ekonomi masyarakat. Tentunya ada harapan juga, nantinya ada kerjasama dan perhatian dari Pemkab Tobasa agar bisa menerbitkan sertifikat yang sah bagi lulusan dari pelantikan training centre ini. Ini semua tidak lepas dari bantuan, dukungan penuh, dan perhatian dari Ompu i Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing beserta jajarannya. Juga dukungan dari seluruh jemaat HKBP, yaitu dari HKBP Makassar yang dipandu Pdt. Pansur Sijabat, kata Kepala Panti Karya Hephata, Pdt. Osten Matondang mengawali acara.

Pengkhotbah Pdt. Nixon Sitorus menyampaikan firman yang diangkat dari Rom 8: 26a “Alai nang tondi i, diurupi do hita di hagaleonta i, ai ndang taboto manang aha na tama sipangidoonta”. Dalam buku Tumbuh Lokal Berbuah Universal, karya Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, ada berisikan tentang doa Ompu i Dr. I.L.Nommensen. Kutipan doa Dr. I.L. Nommensen di Kapal Pertinax, Hidupkanlah pengharapanku, supaya dengan hati yang rendah dan murni serta takut akan Engkau menjalani hidup ini. Sertai aku setiap hari sebagaimana janjiMu, curahkanlah aku dengan rohMu, dan perlengkapilah aku dengan FirmanMu, supaya aku tidak kehabisan tenaga untuk melakukan FirmanMu. Ini adalah ungkapan seorang yang dikuasai oleh Roh Kudus, yaitu Ompu i Ephorus HKBP.

Foto bersama disela-sela acara Peletakan Batu Pertama Guest House Training Centre Panti Karya Hephata HKBP Laguboti.

Seseorang yang dipenuhi Roh Kudus, adalah orang yang diberkati dan menjadi saluran berkat. Yang bertumbuh baik ke dalam dan keluar menjadi berkat bagi orang lain. “Alai nang tondi i, diurupi do hita di hagaleonta”. Di dalam kelemahan, kita mampu dan kuat untuk memberikan berkat bagi sekitar. Menjadi keistimewaan dan keunikan menjadi bukti seseorang yang telah diberkati, Roh Kudus menolong dan membangkitkan semangat dan hati serta tenaga keluar dari keterpurukan keluar dari segala kelemahan dan keluar menjadikan itu kekuatan kita. Roh Kudus mengajari kita untuk berbuah. Tumbuh dan berbuah di dalam dan keluar, itulah yang kelihatan dari jemaat dan saudara/i kita dari Sulawesi Selatan Distrik Indonesia Bagian Timur, yang datang kembali ke bonapasogit untuk membangun pelayanan sebagai bagian dari buah iman percaya kita semua, kata pengkhotbah.

Pdt. Osten Matondang menambahkan, kalau kini juga sedang berjalan pembangunan biogas. Yang sedang dikembangkan kini sudah ada 2 disaster, sehingga kedepan nantinya Hephata tidak lagi membeli gas. Ini memang menjadi tempat pusat pelatihan peternakan organik, sebagai salah satu upaya kita untuk memelihara alam. Anak – anak Hephata, bernama Anto, Anju, Lukman, Jona, Marzuki, Maruba, Ruslan, Julius, dan Manganju, yang didampingi Staff bernama Ranto Manalu dan Josua Purba. Merekalah yang bekerjasama untuk saat ini fokus ke peternakan. Kita memberikan peluang dan kesempatan untuk bekarya, walau tidak melihat tetapi bisa mencangkul, dan kemampuan lainnya. Ini juga menjadi tambahan icon pariwisata Tobasa, karena banyak yang terheran – heran dengan apa yang terjadi di tempat ini, jelasnya.

Di samping kompleks ini, ada Asrama Siloam yang dihuni oleh saudara/i keluarga Hephata yang sudah berkeluarga. Ada juga mimpi ke depan, ada rumah bahagia di Hephata, yang juga bisa dijadikan kompleks dengan beberapa lembaga yang bisa dikondisikan ke depan, tambahnya.

Ephorus HKBP, Ompu I Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menerima secara simbolis bantuan pembangunan Guest House Training Centre Panti Karya Hephata HKBP Laguboti dari donatur.

Pdt. Pansur Naibaho yang berdiri bersama dengan rombongan, mengatakan, HKBP Sulawesi Selatan memberikan bantuan ke Hephata sebesar Rp. 100.000.000,- dalam rangka tahun pelayanana diakonia sosial 2019, dan ini menjadi ajakan bagi seluruh jemaat HKBP untuk bersama – sama memberikan bantuan mendukung pelayanan diakonia sosial. Ini berdasarkan program jemaat dan distrik sesuai arahan dari Praeses, Pdt. Pahala Sitorus dalam program Distrik IBT.

Kemudian acara ini dilanjut dengan peletakan batu pertama yang diawali oleh Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dilanjut dengan donatur/penyumbang, dan para undangan yang turut hadir.

Sebelumnya, donatur dari HKBP Makassar berkoordinasi kepada Ompu i Ephorus HKBP, beberapa minggu lalu, menyampaikan harapannya agar bisa bersama dengan Ompu i Ephorus HKBP dan rombongan untuk berkunjung ke Hephata dalam rangka menyampaikan bantuan dan dukungan pembangunan. Dan Ompu i Ephorus mengapresiasi bantuan tersebut. Acara berjalan dengan baik dan sukacita.

Penulis: tim. Editor: gun.