HETANEWS

Wali Kota Siantar Belum Melelang 3 Jabatan yang Masih Lowong

Gedung BKD Kota Siantar. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Pemko Siantar, melalui panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama, membuka pendaftaran untuk 8 formasi jabatan yang lowong. Namun masih ada jabatan yang kosong yang tidak ikut dilelang.

Jabatan yang kosong dan masih diisi oleh pelaksana tugas (Plt), diantaranya Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ini harus dilelang lagi, kita dari BKD sudah mengusulkan daftar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang kosong ke Wali Kota. Baru dikasih daftar ini. Kemudian kita usulkan ke KASN," kata bagian sekretariat panitia, Timbul Simanjuntak, Kamis (13/6/2019).

Setelah daftar lelang jabatan tersebut disampaikan ke KASN, kemudian dibuka pendaftaran untuk 8 formasi saja yang lowong.

Diantaranya:

1. Staf Ahli Bidang Pemerintahan

2. Kepala Badan Kepegawaian Daerah

3. Sekretaris Dewan (Sekwan)

4. Inspektur Daerah

5. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

6. Kepala Dinas Lingkungan Hidup

7. Kepala Dinas Pariwisata

8. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Sementara untuk  jabatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang dijabat oleh pejabat defenitif, akan disi karena Tuahman Saragih, sebagai kepala di dinas tersebut akan pensiun dalam waktu dekat.

"Hari pertama dibuka belum ada yang mendaftar. Tapi sudah ada banyak konsultasi. Menanyakan format isian berkasnya. Kalau dari luar daerah belum ada, masih dari Siantar ini," katanya.

Ia mengatakan, persyaratan umum untuk calon diantaranya ialah berstatus PNS di lingkungan daerah kota/kabupaten/provinsi di wilayah provinsi Sumatera Utara berumur maskimal 56 tahun.

Baca juga: Pemko Siantar Buka Pendaftaran untuk 8 Jabatan Lowong

"Untuk seleksi terbuka ini, gak boleh eselon II yang menjabat  melamar. Harus melalui rotasi mutasi. Kecuali eselon II dari luar (Pemko Siantar) itu boleh," katanya.

Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Kamis, 13 Juni - 27 Juni 2019 mendatang.

Persyaratan umum untuk calon diantaranya ialah berstatus PNS di lingkungan daerah kota/kabupaten/provinsi di wilayah provinsi Sumatera Utara, dengan pangkat sekurang-kurangnya ialah Pembina (IV/a) dan pendidikan paling rendah S1 atau Diploma IV.

Panitia Seleksi (Pansel) jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) ini terdiri dari lima orang. Dua diantaranya pejabat internal Pemko Siantar dan 3 lagi pejabat Pemprov Sumut dan Akademisi.

Ke-5 Pansel, yakni Kepala Badan SDM Pemprov Sumut, Kaiman Turnip sebagai Ketua, Sekretaris Daerah, Budi Utari sebagai Anggota, Assissten II Pemko Siantar, Zainal Siahaan sebagai Anggota, Prof dr. Hasim Purba Guru Besar Fakultas Hukum USU sebagai Anggota dan Ketua STIE Sultan Agung Pematangsiantar, sebagai Anggota.

Penulis: gee. Editor: gun.