HETANEWS

Jaksa Tuntut Pemilik Sabu Jadi Pengguna di PN Simalungun

Terdakwa berjalan meninggalkan ruang sidang, usai dituntut 2 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Hisar Situmorang alias Bolis (32), warga Jalan Mangga, Nagori Manikmaraja, Kecamatan Sidamanik, Simalungun, ditangkap polisi sedang membawa satu paket sabu 0,56 gram, dituntut jaksa 2 tahun dan dipersalahkan sebagai  pengguna narkotika.

Jaksa Sanggam P Siagian SH, mempersalahkan terdakwa dengan pasal 127 (1) huruf a UU RI No 35/2009, sebagai pengguna bukan pemilik.           

Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa dalam persidangan, Kamis (13/6/2019), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun.           

Terdakwa ditangkap anggota  Polsek Sidamanik, Maxon Nainggolan dan kawan-kawan, pada Sabtu, 5 Januari 2019, sekitar pukul 10.45 WIB, lalu, di jalan umum Sidamanik.

Pagi menjelang siang itu,  terdakwa baru saja turun dari angkutan umum seusai membeli sabu dari GG (DPO) seharga Rp 600 ribu. Polisi yang sudah mendapat informasi segera mendekati terdakwa dan menyuruhnya mengeluarkan isi kantongnya.             

Dari kotak rokok Magnum yang dikeluarkan dari kantong celana terdakwa, polisi menemukan satu paket sabu dan sebuah kaca pirex. Bersama barang bukti, terdakwa diserahkan ke Polres Simalungun untuk diproses sesuai hukum.             

Atas tuntutan jaksa, terdakwa didampingi pengacara, Reinhard Sinaga SH dari Posbakun PN Simalungun, memohon agar hukumannya diringankan hakim, dengan alasan menyesali perbuatannya. Untuk mendengar putusan hakim, diketuai Novarina SH, sidang ditutup dan dibuka kembali pada Kamis depan.

Penulis: ay. Editor: gun.