HETANEWS

Polisi Cilik TK Bhayangkari 09 Kebanggaan Polres Tanjungbalai

Kapolres Tanjungbalai dan Ibu Bhayangkari beserta personil Sat Lantas berfoto bersama Polisi Cilik TK Bhayangkari 09 Tanjungbalai. (Foto/Ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com-Untuk melatih kedisiplinan dan kekompakan anak pada usia dini  Polres Tanjungbalai mempunyai program khusus yang dinamakan Program Polisi Cilik atau Pocil.

Para Polisi Cilik ini dibimbing  TK Bhayangkari 09, yang terletak di jalan Sudirman, kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai mengatakan, bahwa untuk pembentukan karakter terhadap anak-anak,  sebaiknya dilakukan sejak usia dini (Pra sekolah seperti Taman Kanak-kanak) , sehingga apabila anak ini ini dewasa akan terbiasa dan terbawa apa yang dipelajarinya saat di TK Bhayangkari 09.

“Sehingga terbawa dalam membentuk atau merubah ke arah lebih baik, “ucap Kapolres Tanjungbalai, saat menerima kunjungan anak murid TK Bhayangkari  09 Tanjungbalai, Rabu (12/6/2019).

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai dan Ibu Bhayangkari saat berfoto bersama perwakilan Pocil TK Bhyangkari 09 Tanjungbalai. (Foto/Ferry)

Kedatangan 51 orang  Polisi Cilik ini, ditemani 5 ibu gurunya ini, langsung disambut Kapolres dan Ketua Cabang Bhayangkari/Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Tanjungbalai, Ny. Menuk Irfan Rifai, di halaman Mapolres setempat.

Tampak keceriaan terpancar di wajah Polisi Cilik ini saat mereka tiba, di Halaman Mapolres, Mereka diberi bimbingan dan arahan tentang peran dan tugas serta fungsi Kepolisian oleh Kanit Dikyasa, Ipda Zainuddin dan Kanit Laka, Ipda Khairul Bahar didampingi Personil Sat Lantas lainnya.

Untuk lebih mendalami dan mengetahui langsung tugas kepolisian, Kapolres dan Ibu Bhayangkari mengajak Polisi Cilik ini mengunjungi ruangan-ruangan yang ada di Mapolres, misalnya tentang Alut dan Alsus dan Ruangan-ruangan Pelayanan di Polres tersebut.

Bukan itu saja,  Puluhan Polisi Cilik ini juga diajak berkeliling kota dengan menggunakan bus dan dikawal oleh Patroli Satlantas.

Hal ini bertujuan untuk menekankan kedisiplinan dalam berlalu lintas.

Kapolres Tanjungbalai memberikan bimbingan dan nasehat kepada Polisi Cilik TK Bhayangkari 09 Tanjungbalai. (Foto/Ferry)

Usai berkeliling kota, tidak membuat mereka letih,  malah meminta berfoto di sebuah mobil watercanon.

Tampak Kapolres dan Ibu Bhayangkari sibuk melayani Polisi Cilik ini dan ternyata mereka ingin lebih mengetahui mobil watercanon dan membuat Kapolres mengajak mereka untuk masuk kedalam mobil tersebut dan menerangkan fungsi mobil pengurai massa demonstran tersebut.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai menerangkan, bahwa anak- anak sejak dini tidak takut dengan Polisi dan Polisi dapat menjadi sahabat anak, serta memotivasi mereka untuk selalu belajar, berlatih dan mengikuti tata tertib serta aturan yang berlaku baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun di jalan raya.

Kapolres Tanjungbalai turut memperkenalkan TK Bhayangkari 09 Tanjungbalai dengan mengatakan, bahwa di TK tersebut, Polisi Cilik ini digembleng, melalui  pengembangan keterampilan, seperti Peraturan Baris-Berbaris tingkat dasar.

Selain itu juga ditekankan agar mereka menjadi lebih mencintai Tanah Air dan belajar kompak. Mereka juga ditekankan tidak boleh berantem, menang sendiri, dan mandiri dalam kedisiplinan, sebut Kapolres.

Penulis: ferry. Editor: gun.