HETANEWS

Nyamar Jadi Teknisi, 5 Pencuri Baterai BTS di Sulsel Ditangkap

Makassar, hetanews.com - Tim Khusus Polda Sulawesi Selatan bersama Polres Pangkep menangkap lima kawanan pencuri baterai menara Base Transceiver Station (BTS). Mereka mengambil baterai dengan cara memanjat menara.

Para pelaku diamankan di Jalan Bandang Kota Makassar pada Rabu (12/6/2019) pukul 00.30 WITa dini hari. Mereka ditangkap setelah polisi melakukan penyelidikan dan pemeriksaan CCTV di sekitar lokasi. 

"Dari informasi tersebut Tim Khusus Polda Sulsel bersama dengan Unit Jatanras Polres Pangkep bersama-sama menuju ke rumah salah satu terduga pelaku di Jalan Bandang Makassar dan benar bahwa pelaku Ilham bersama kawanannya baru saja selesai menurunkan barang bukti berupa baterai tower dari atas mobil warna putih," kata Kanit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius, dikonfirmasi.

Untuk memuluskan aksinya, komplotan pencuri baterai BTS ini harus menyamar sebagai pegawai teknisi dengan pakaian dan kartu identitas lengkap. Para pelaku kemudian memanjat dan mengambil puluhan baterai Telkomsel di sejumlah tempat di Sulsel. 

"Dari rekaman CCTV yang berada di TKP, personel mulai mengumpulkan keterangan saksi-saksi di TKP di mana berdasarkan keterangan para saksi, bahwa pelaku pencurian tersebut berjumlah tiga orang dan salah satu di antara mereka mengenakan pakaian berwarna merah yang menyerupai teknisi Telkomsel serta memperlihatkan daftar nama teknisi, ID card, serta surat tugas dari Telkomsel," jelasnya. 

Tercatat para pelaku ini telah menjalankan aksinya di tiga tempat di Sulsel seperti di Kabupaten Pangkep dan Kota Makassar. 
Baterai yang dicuri para pelaku kemudian dijual seharga Rp 200 ribu dan hasilnya dibagi kepada para pelaku. 

Kelima pelaku yakni Usman Balo (28), Ilham (24), Said Aslam (40), Irfan (27) dan Yusuf (24). Sementara Ilham sendiri merupakan mantan teknisi Telkomsel yang perna bekerja pada 2018 lalu. Akibat kejadian ini pihak penyedia layanan telekomunikasi diduga mengalami kerugian puluhan juta rupiah. 


sumber: detik.com

Editor: sella.