HETANEWS

Diancam 2 Tahun, Dua Maling Minta Dihukum Ringan

Kedua terdakwa berjalan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dua terdakwa, Julianto Sihombing alias Anto (21) dan Dani Irvan Simbolon alias Dani (21), masing-masing dituntut 2 tahun penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Tuntutan pidana itu, dibacakan jaksa, Christianto Situmorang SH, di PN Simalungun, Selasa (11/6/2019).

Keduanya, warga Kecamatan Siantar Utara, Kota Siantar, telah terbukti melakukan pencurian di rumah saksi korban, Jhoni Frengky Purba, di jalan Asahan, Nagori Dolok Hantaran. Pencurian itu dilakukan, pada Selasa, 18 Desember 2018, lalu.

Jaksa penuntut umum, mempersalahkan keduanya dengan pasal 363 (1) ke-4 KUH Pidana. Kedua maling ini, berhasil membawa kabur hp Samsung J7, Samsung lipat, hp Maxtron, dompet berisi uang dan tas ransel berisi uang.

Akibatnya, saksi korban mengalami kerugian hingga Rp.15.500.000.- Hasil curiannya diposting melalui medsos black market untuk dijual. Pencurian itu sudah direncanakan, berangkat dari Siantar menuju jalan Asahan dan melihat kedai milik korban.

Para terdakwa masuk dengan merusak pintu, Anto masuk ke dalam, sedangkan Dani mengawasi situasi di luar. Honda Verza yang digunakan para terdakwa untuk melakukan aksinya dinyatakan dirampas untuk negara.

Kedua maling ini, minta agar hakim meringankan hukumannya. Dengan alasan menyesal, jika mengulangi lagi berjanji akan dihukum seberat-beratnya.

Roziyanti SH, selaku hakim ketua majelis menunda persidangan hingga Senin mendatang untuk pembacaan putusan.

Penulis: ay. Editor: gun.