HETANEWS

Jadi Tersangka Kasus Makar, Polisi Segera Periksa Eks Kapolda Metro Jaya

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono.

Jakarta, hetanews.com - Mantan Kapolda Metro Jaya, Komisiaris Jenderal (Purn) M. Sofyan Jacob telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar. Ia dijadwalkan akan segera diperiksa sebagai tersangka pada Senin (17/6/2019) pekan depan.

"Penyidik sudah menjadwalkan ulang ya. Nanti diperiksa Senin, 17 Juni 2019," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisiaris Besar Polisi Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (11/6/2019).

Sebagaimana diketahui, Sofyan Jacob sejatinya diperiksa pada Senin (10/6/2019) kemarin. Hanya saja, ia urung memenuhi panggilan polisi dengan alasan sakit.

Sebelumnya, kuasa hukum Sofyan Jacob, Ahmad Yani juga membenarkan adanya pemeriksaan tersebut. Ia datang ke Polda Metro Jaya guna memberikan surat permohonan penjadwalan ulang kepada penyidik.

"Ya hari ini Pak Sofyan Jacob dijadwalkan pemeriksaan, tapi beliau berhalangan, karena sakit. Pada hari ini tadi kita antar ke penyidik untuk dijadwalkan ulang," ujar Ahmad Yani di Polda Metro Jaya, Senin kemarin.

Menurut dia, dalam kasus ini, Sofyan Jacob menjadi terlapor di Bareskrim Polri yang dilayangkan oleh seseorang bersamaan dengan laporan untuk Eggi Sudjana.

Sofyan Jacob disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan/atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dia diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti.

sumber: suara.com

Editor: sella.