HETANEWS

Modus Untuk Kebersihan, 13 Jukir Liar Diringkus Polres Simalungun

Barang bukti yang diamankan Polres Simalungun. (foto/hza)

Simalungun, hetanews.com - Polres Simalungun meringkus 13 orang pelaku juru parkir (Jukir) liar yang bermoduskan kebersihan, di tiga lokasi wisata kawasan Danau Toba Parapat. Kini para pelaku telah diamankan dan dimintai keterangan, di Mapolres Simalungun.

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, melalui Kanit Jatantas Polres Simalungun, Iptu Hengky Siahaan, membenarkan pihakn pihaknya ada mengamankan 13 pelaku jukir liar dari Lapangan Parkir Open Stage Pagoda Parapat, Lapangan Parkir Pesanggarahan Bung Karno, dan Pantai bebas Parapat.

Hengki menjelaskan, pihaknya meringkus 13 orang tersebut yang mana bukanlah petugas jukir resmi dari Pemerintah Kabupaten Simalungun. Pelaku mengutip parkir dengan harga tinggi. Sepeda motor dihargai pelaku Rp 10 ribu, untuk roda empat dan enam dihargai Rp 20 ribu.

Para pelaku yang diamankan Polres Simalungun. (foto/hza)

"Kita amankan lantaran terlalu tinggi mematok uang parkir. Gak pakai karcis. Memang pungutan liar. Ada yang Sepmor Rp 10 ribu mobil ada Rp 20  ribu dan itulah pengakuan para pelaku yang kita amankan," ujarnya via seluler, Senin (10/6/2019).

Diketahui juga, para pelaku pungli diamkan petugas pada, Minggu (9/6/2019) dan Senin (10/6/2019).

"Pelaku beralasan mengutip uang parkir untuk kebersihan," ujar Iptu Hengki, seraya memastikan pelaku juga tidak ada setoran ke pemerintah.

Dari lokasi Pesranggahan Bung Karno, petugas mengamankan Fresly Norton Sitanggang (43), Pandi Suteju (36), Mozart Sinaga (46) dengan barang bukti uang Rp 402 ribu dan satu lembar kartu pengenal (Jukir) dari Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun.

Para pelaku yang diamankan Polres Simalungun. (foto/hza)

Untuk di Lapangan Pagoda petugas kembali mengamankan Victor Romana Saragih (31), Roginda Pahitan Sinaga (35), Pardamean (38), Sakkan Hutabarat (69) dengan barang bukti uang Rp 817 ribu, 19 lembar karcis parkir liar, dan satu lembar surat kesepakatan.

Lokasi lain yakni, Pantai Bebas, petugas juga mengamankan Etupus Manik, Tombang Rumahorbo, Lian Tampubolon, Agustino Turnip, Jutta Manurung, dan Windy Sidabutar dengan barang bukti Rp 1,7 juta.

Seluruh pelaku dalam pembinaan, tegasnya. Iptu Hengki juga mengimbau mereka agar menjadi jera bagi pelaku yang saat ini diamankan.

Penulis: hza. Editor: gun.