HETANEWS

Foto Lebaran Keluarga SBY Tanpa Ani Yudhoyono, Annisa Pohan: Kami Berusaha Tersenyum di Foto Ini

Foto lebaran Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ani Yudhoyono dan tanpa Ani Yudhoyono diunggah istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan, Kamis (6/6/2019). (Instagram)

Jakarta, hetanews.com - Momentum foto lebaran bersama Ani Yudhoyono dan foto lebaran tanpa Ani Yudhoyono diunggah istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan.

Menurut Annisa Pohan, jika momen keluarga SBY lebaran tanpa Ani Yudhoyono tahun ini sangat berbeda.

Simak foto lebaran keluarga SBY tanpa Ani Yudhoyono yang diunggah Annisa Pohan di akun instagramnya di @annisayudhoyono, pada Kamis (6/6/2019).

Diketahui, suasana duka masih menyelimuti keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), atas wafatnya Ani Yudhoyono beberapa hari lalu.

Hal ini diungkap oleh Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga putra pertama SBY, saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Kepada awak media, AHY sempat menceritakan sebelum bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di hari pertama Lebaran, keluarga besar mereka lebih dahulu ziarah ke pusaran ibunda tercinta, Ani Yudhoyono.

"‎Alhamdulilah pagi tadi kami berempat, sama putra-putri kami melaksanakan Salat Id di Cikeas," ungkapnya.

"Kemudian setelah itu langsung nyekar ziarah ke Taman Makam Pahlawan untuk menjenguk sekaligus mendoakan Ibu Ani Yudhoyono yang sudah atau baru saja wafat," sambung AHY.

"‎Memang ini adalah sebuah lembaran baru bagi kami, di mana ini merupakan Lebaran pertama keluarga kami tidak lengkap," lanjutnya.

"Ada sesuatu yang hampa di hati kami masing masing, tentu diselimuti rasa kehilangan, tapi juga secara bersamaan kami semakin mengikhlaskan bahwa Bu Ani insyallah sudah di tempat yang jauh lebih baik dan lebih bahagia," sambung AHY.

Kini, AHY dan seluruh keluarganya terus memanjatkan doa agar mereka bisa tegas serta menjalani hidup baru tanpa Ani Yudhoyono.

Di sela silaturahmi keluarganya dengan keluarga Presiden Jokowi, AHY mengaku sempat mengucapkan banyak terima kasih pada Jokowi yang menjadi Inspektur Upacara saat pemakaman ibundanya.

"‎Selain menyampaikan Idul Fitri. Kami juga ucapkan terima kasih aatas kesediaan beliau (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam sebuah prosesi pemakaman militer yang begitu hormat bagi ibunda kami," paparnya.

AHY menyinggung pula pidato dari Jokowi yang menurutnya sangat mengharukan dan menyentuh hati.

Terlebih, digunakan pula istilah Flamboyan yang identik dengan Ani Yudhoyono.

"Pidato ‎beliau sangat menyentuh hati, bahkan menggunakan istilah Flamboyan telah pergi tetapi akan selalu di hati," bebernya.

"Kami meneteskan air mata, karena memang dari dulu Pak SBY memanggil dengan sebutan Flamboyan bagi Bu Ani sejak Pak SBY Taruna di Akedemi Militer," jelasnya.

Bicara soal sosok Ani Yudhoyono, AHY mengungkapkan ibunya ‎merupakan pribadi yang kuat, inspiratif, dan selalu menyayangi keluarga serta masyarakat Indonesia di manapun berada.

Atas semuanya itu, AHY mewakili keluarga SBY menyampaikan ucapan terima kasih.

"Jadi saya ucapkan terima kasih sekali lagi kepada beliau (Jokowi) yang telah berkenan memberikan sambutan ataupun salam perpisahan mewakili seluruh rakyat Indonesia," ucap AHY.

Sebelumnya, AHY mengungkapkan Lebaran kali ini terasa sangat berbeda.

AHY kemarin hanya melaksanakan Salat Id bersama istri Annisa Pohan, putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono, serta adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) dan putranya, Airlangga.

“Ini adalah Idul Fitri pertama keluarga Yudhoyono tidak lengkap, dan tadi kami juga sudah kirim doa untuk Ibu Ani,” terang AHY seusai melaksanakan Salat Idul Fitri bersama masyarat sekitar di Masjid Al-Istiqomah, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, AHY juga memohon doa agar sekeluarga bisa melalui ujian yang sedang dihadapi saat ini.

“Saya mohon doa dari masyarakat. Saya mewakili keluarga SBY, tentunya ini adalah hari-hari yang juga perlu kami menata hati dan insyaallah ini dapat kita lalui dengan baik, sehingga kami sekeluarga bisa tetap tegar, terus menatap ke depan,” tuturnya.

“Karena almarhumah Ibu Ani juga senantiasa berpesan bahwa lalui semua tantangan, ujian, dan cobaan dengan tegar, dengan baik, dan insyaallah semua itu pasti ada hilmah dan barokahnya untuk kita,” imbuhnya.

Sesampainya di masjid, AHY, EBY, Annisa dan anak-anak terus dibanjiri sapaan dan doa untuk ketabahan keluarga.

Di sela khotbahnya, khotib Ustadz Muhammad Rifai juga menyisipkan doa untuk Almarhumah Ani Yudhoyono. 

Setelah ziarah ke makam Ani Yudhoyono, AHY lanjut bersilaturahmi ke tempat Presiden RI Joko Widodo, Presiden ke-3 RI BJ Habibie, dan Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri, Rabu (5/6/2019).

AHY bersilaturahmi bersama Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Aliya Rajasa.

AHY dan keluarga diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada pukul 12.15 WIB.

Dalam waktu singkat, keempatnya bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana, dan putra ke-2 Kaesang Pangarep yang juga turut hadir menyambut.

 “Ini merupakan tradisi yang kami lakukan. Tahun lalu kami datang ke Istana Bogor, dua tahun sebelumnya kami datang ke sini (Istana Negara) juga," ungkapnya.

"Dan tahun ini, walaupun sedikit terlambat karena tadi harus ziarah dulu, tapi saya berterima kasih Pak Presiden dan Ibu Negara menerima kami dengan sangat baik. Suasananya sangat kekeluargaan. Saya tahu beliau sedang persiapan berangkat ke Solo,” papar AHY.

Tak lupa AHY juga menitipkan salam SBY kepada Presiden Joko Widodo.

Sebaliknya, Presiden Joko Widodo menitipkan salam dan doa agar SBY selalu diberikan kesehatan dan ketegaran dalam melalui kesedihan pasca-ditinggalkan oleh Ani Yudhoyono.

Setelah silaturahmi dengan keluarga Presiden Joko Widodo, AHY dan keluarga melanjutkan silaturahmi ke kediaman Megawati Sukarnoputri dan BJ Habibie. Mereka diterima dengan sangat baik oleh tuan rumah.

Sangat Berbeda Lebaran Tanpa Ani Yudhoyono

Tak hanya AHY, Annisa Pohan ungkap perbedaan lebaran tanpa Ani Yudhoyono.

Annisa Pohan pun mengunggah dua foto, yakni foto lebaran keluarga SBY bersama Ani Yudhoyono dan tanpa Ani Yudhoyono.

Annisa Pohan mengaku, sangat berbeda lebaran tahun ini dibandingkan dengan lebaran sebelumnya yang ketika itu istri SBY tersebut masih hidup.

Namun, lebaran tanpa Ani Yudhoyono;, kata Annisa Pohan, ia dan keluarganya berusaha untuk tersenyum.

"foto lebaran tahun ini (foto 1), sangat berbeda tanpa adanya Memo sprt tahun lalu (foto 2). Tapi kami berusaha tersenyum di foto ini demi Memo tersayang. Mohon doanya agar kami sekeluarga khususnya Pepo diberikan kekuatan dan ketabahan menjalankan hari-hari ke depan tanpa Memo" tulis Annisa Pohan.

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.